Aksi solidaritas Sondang, Istana dikepung

By  |  0 Comments

Hatta Radjasa, akbar tanjung, aburizal bakrie, puan maharani, soesilo bambang yudhoyono, anas urbaningrum,  suryadharma ali, prabowo subianto, megawati soekarno putri, Luthfi Hasan Ishaaq, Indonesia, Partai Golkar, Partai Demokrat, PDIP, Hanura, Gerindra, PKS, PPP, PKB, PAN, PBB, PPNUI, PKPB, PDS, PPD, PKNU, PBRRatusan mahasiswa dan aktivis pergerakan menggelar menduduki Istana sebagai aksi solidaritas untuk Sondang (Sabtu, 17/12). Sebelumnya, mereka longmarch dari Salemba. Tiba di depan Istana Negara, Jakarta, para aktivis mahasiswa dan elemen pergerakan itu pun langsung berorasi.
“Kami meminta agar SBY-Boediono bertanggungjawab atas apa yang dilakukan Sondang,” kata salah seorang mahasiswa.
“Sondang tidak gila. Sondang melakukan bakar diri karena melihat persoalan bangsa,” begitu orasi mahasiswa lainnya.
Menurut mereka, SBY-Boediono telah berlaku sewenang-wenang terhadap rakyat kecil. Oleh karenanya mereka mengajak pemuda dan rakyat Indonesia untuk menabuh genderang perang dan perlawanan terhadap rezim SBY-Boediono. Mereka menyerukan, agar rakyat bergerak untuk menduduki kantor-kantor pemerintah sebagai wujud kemarahan terhadap rezim SBY-Boediono.
“Ayo kita duduki Istana, kantor Gubernur, kantor DPRD dan kantor pemerintah lainnya. SBY-Boediono harus segera turun,” tegas mahasiswa itu.
Virus api Sondang, kata seorang mahasiswa lainnya, telah menaikkan atmosfir politik mahasiswa secara nasional. Sondang telah menjadi pengingat lupa, bahwa jantung perlawanan terhadap rezim SBY-Boediono masih berdenyut. Dan bukan tidak mungkin akan meluap membentuk kesadaran komunal.
Massa aksi dari BEM sejumlah perguruan tinggi di Jakarta, FAM Indonesia, Karat dan Laskar Sondang dan elemen pergerakan lainnya, melakukan aksi duduk di jalanan di depan Istana Merdeka, Jakarta. Mereka menutupi hampir seluruh jalur lalu lintas di Jalan Merdeka Utara. Akibatnya, arus lalu lintas pun tersendat.
Sementara itu, dari pantauan wartawan, nampak aparat keamanan berjaga ketat mengamankan aksi tersebut.

happywheels
%d bloggers like this: