Penanganan Banjir Ciujung harus terpadu

By  |  0 Comments

banjir di banten JAKARTA–Penanganan banjir di sungai Ciujung harus dilakukan secara terpadu, disamping normalisasi juga perlu dilakukan pelebaran bukaan jembatan di Jalan Tol Tangerang–Merak sehingga kapasitas air yang lewat bisa lebih besar.
Menurut Kepala Balai Wilayah Sungai Cidanau, Ciujung, dan Cidurian Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Abdul Hanan mengatakan hulu sungai yang melewati jembatan di tol Tangerang – Merak sebenarnya sudah ditingkatkan dengan kapasitas Q25, namun dengan debit air yang terjadi telah melebihi kapasitas sungai.
"Tingginya curah hujan menyebabkan debit air Sungai Ciujung menjadi sangat tinggi mencapai 2.600 meter kubik per detik," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (10/1).
Dia  menambahkan debit ini termasuk sangat tinggi karena melebihi perkiraan debit air periode ulang 50 tahunan atau Q50 yakni 2.450 meter kubik per detik.
Bottle neck lainnya, ujarnya, yakni kapasitas bukaan di bawah jembatan tol yang hanya mampu dilewati oleh air dengan debit 1.000 meter kubik per detik.
Akibatnya, genangan air hingga 1 meter menggenangi jalan Tol Tangerang – Merak KM 58, sehunga kedua ruas tol tersebut harus ditutup. (if)

happywheels