Menu

Toop, Gerinda dan Hanura akan terus menanjak

Beberapa partai politik (parpol) diprediksi akan mengalami peningkatan perolehan suara pada Pemilu 2014. Dua parpol yang dimaksud adalah Gerindra dan Hanura.

Pengamat Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS), Toto Sugiarto mengatakan, Gerindra adalah partai yang memiliki prospek naik. Bahkan, kata dia, Gerindra dapat mencapai rangking tiga teratas atau di bawah Golkar dan PDIP.

“Karena figur ketua dewan pembinanya yang cukup banyak diminati dan elektabilitasnya naik. Jadi Gerindra masih bisa naik ke papan atas. Rangking tiga lah kira-kira,” katanya kepada wartawan, Jumat 11 Oktober 2013.

Selain Gerindra, Hanura dinilai akan naik mendekati tiga besar. Sedangkan untuk partai baru, hanya Nasdem yang cukup aman masuk ke senayan. “Hanura akan meningkat dari pemilu yang lalu. PKPI dan PBB tidak akan lolos ke Senayan. Ini dari berbagai hasil survei,” katanya.

Dia mengatakan, bahwa peta politik tersebut masih dapat berubah. Posisi partai dipengaruhi beberapa hal. Dalam hal ini partai itu apakah memiliki simpatisan yang kuat atau tidak.

“Tetapi hal ini dipengaruhi oleh elitenya. Biarpun partai kader seperti PKS, perilaku elitenya seperti itu akan jatuh juga. Perilaku elite akan mempengaruhi elektabilitas,” katanya.

Toto mengatakan saat ini perilaku elite Sangat berpengaruh. Perilaku elite menjadi panutan atau idola. Pemimpin tidak menjadi idola akan ditinggalkan.

Kemudian terkait mesin politik partai. Jika mesin politik partai bekerja dengan baik dan berputar dengan kencang maka sedikit banyak akan berpengaruh pada perolehan suara.

“Hanura misalnya dana partai yang ada dapat secara efektif menggulirkan mesin partai maka ada harapan hanura dapat mendapatkan suara yang besar,” katanya.

Dia mengatakan ada pula partai yang mengandalakan pendukung tradisional seperti PKB. Dalam hal ini pendukung setia PKB adalah NU.

(si/kp)