Connect with us

Daerah

Abdul Basyid Has: Peran Guru Dalam Kehidupan Sangat Penting

Published

on

Kepulauan Riau — Hari Guru Sedunia jatuh setiap tanggal 5 Oktober. Peringatan ini lahir dari hasil Konferensi antara negara-negara dunia yang berlangsung di Paris, 21 September – 5 Oktober 1994. Ketika itu dihadiri 76 negara anggota UNESCO, termasuk Indonesia.

UNESCO menyatakan bahwa Hari Guru Sedunia adalah upaya kepedulian terhadap peran vital guru dalam membagi ilmu pengetahuan sekaligus membangun generasi dunia berikutnya.

Abdul Basyid Has, Calon Legislatif (Caleg) DPR RI periode 2019-2024 dari daerah pemilihan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) turut memperingatinya dengan khidmat.

“Hari ini penting untuk mengenang jasa guru-guru kita. Pernahkah kita mengingat betapa berjasanya mereka? Saya sendiri tak bisa membayangkan apa jadinya saya tanpa guru-guru saya sejak kecil,” kata Basyid saat dihubungi, Jumat (5/10/2018).

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menjelaskan peran seorang guru dalam kehidupan sangatlah penting. Ia tidak hanya memberi ilmu pengetahuan tanpa pamrih, namun juga turut membentuk karakter murid-muridnya.

“Guru adalah penegak kemajuan sebuah bangsa. Di tangan merekalah bibit-bibit generasi penerus bangsa kita dipupuk,” pungkas Ketua Yayasan Pendidikan Haji Abdul Ghani ini. (kp)