Connect with us

Nasional

Akhirnya Lion Air Terbang Langsung Surabaya–Samarinda

Avatar

Published

on

Kabarpolitik.com, SAMARINDA – Potensi pasar penerbangan Surabaya–Samarinda yang besar mendorong maskapai Lion Air membuka rute baru. Sebelumnya, terbang menuju Samarinda dari Surabaya harus melalui Balikpapan.

Area Manager Lion Air Surabaya Dyfi Suciyanti mengatakan, untuk dari Surabaya, rute tersebut merupakan yang pertama diluncurkan tahun ini dengan jumlah frekuensi penerbangan satu kali sehari. Namun, pekan depan frekuensi terbang bertambah menjadi dua kali sehari.

“Dengan adanya rute baru ini, total ada hampir 79 penerbangan,” ujarnya dikutip dari Kaltim Post (Jawa Pos Group), Minggu (13/1).

Samarinda dinilai punya potensi yang besar. Apalagi, pemerintah juga menggarap dengan menyiapkan bandara baru. Yaitu, Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto yang merupakan bandara pengganti Bandar Udara Temindung.

Setelah bandara yang baru siap dan buka untuk penerbangan komersial, lanjut dia, pihaknya berkontribusi untuk menerbangi rute tersebut.

“Meski, sebenarnya secara Lion Group kami sudah lama ke sana seperti dari Jakarta. Selain itu, dari Bandara Kertajati juga ada rute ke Samarinda,” paparnya.

Pasar potensial untuk rute tersebut adalah para pelaku usaha seperti pedagang. Sebagai kota bisnis, animo masyarakat Samarinda untuk terbang ke Surabaya tinggi. Penerbangan tersebut juga menjadi rute connecting ke berbagai destinasi dari Surabaya.

“Wisatawan ada, segmen mahasiswa juga ada,” katanya.

Pihaknya menargetkan tingkat keterisian bisa penuh. Penerbangan perdana kemarin terisi full sebanyak 215 seat. “Pada penerbangan minggu depan ditargetkan sebanyak dua kali juga full. Seluruh seat merupakan kelas ekonomi,” jelas Dyfi.

(JPC)

source