Connect with us

Politik

DPRD Desak Menteri Tjahjo Keluarkan SK Pelantikan Prasetio Cs

Avatar

Published

on

Kabarpolitik.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta masih belum bisa melantik dan mengambil sumpah lima pimpinan definitif. Pelantikan masih harus menunggu surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik mengatakan, pihaknya masih memproses surat keputusan untuk penunjukan lima pimpinan definitif DPRD DKI Jakarta. Pasalnya surat dari pihak DPRD DKI baru masuk Senin (7/10) kemarin.

“Sesuai SOP, kami ada 10 hari kerja untuk selesaikan SK pimpinan DPRD. Ini baru dua hari,” katanya kepada wartawan, Selasa (8/10).

Ketua DPRD DKI Jakarta sementara, Pantas Nainggolan meminta kepada Kemendagri untuk segera mengirim surat resmi pengesahan lima pimpinan DPRD definitif. Hal itu untuk menunjang kinerja parlemen Kebon Sirih.

Bila sudah melantik lima pimpinan definitif, kata Pantas, pihaknya akan langsung mengesahkan tata tertib (Tatib) DPRD DKI periode 2019-2024 dan pengesahan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Menurut Pantas, hal itu yang saat ini paling mendesak. Sebab bila tatib dan AKD belum disahkan, wakil rakyat DKI yang baru tidak bisa bekerja menampung aspirasi warga Ibu Kota.

“Selanjutnya ya pengesahan tatib. Baru pembentukan AKD semuanya. Itulah yang mendesak,” kata Pantas.

Menurut dia, pembahasan pimpinan komisi sejauh ini tak ada masalah dan berjalan lancar. Dirinya akan mengumumkan nama-nama politikus yang duduk di masing-masing komisi dan badan setelah lima pimpinan definitif dilantik.

“Pokoknya kita musyawarah mufakat aja. Kita mencoba membumikan nilai-nilai musyawarah itu,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua sementara DPRD DKI Jakarta Syarif berharap surat dari Kemendagri turun pekan ini. Namun, dia tidak bisa memastikan juga.

“Saya belum tahu (kapan turun), tapi saya mengharapkan Rabu (9/10) sudah turun,” ungkapnya.

Diketahui, DPRD DKI Jakarta sudah mengumumkan nama-nama pimpinan dewan periode 2019-2024. Mereka adalah Ketua DPRD Prasetio Edi Marsudi (PDIP), Wakil Ketua DPRD ada M Taufik(Gerindra), Abdurrahman Suhaimi (PKS), Misan Samsuri (Demokrat), dan Zita Anjani (PAN).[ab]

Sumber

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *