Connect with us

Nasional

Dunia Internasional Diminta Tidak Intervensi Penyelesaian KKSB Papua

Published

on

Kabarpolitik.com, JAKARTA – Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari menyatakan dukungannya agar Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) ditumpas habis oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) – Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Menurutnya, tindakan profesional yang dilakukan pemerintah itu demi menjaga kedaulatan bangsa. “Saya mendukung penuh langkah Panglima TNI mengatasi KKSB di Papua yang tegas dan terukur demi penegakan hukum bersama dengan Polri bahu membahu tuntas untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Kharis dalam keterangan tertulisnya yang diterima INDOPOS di Jakarta, Kamis (6/12).

Atas dasar itu, legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) asal Solo itu juga menyatakan bahwa TNI telah mengambil tindakan profesional meminta agar dunia internasional proporsional melihat masalah di Papua sebagai upaya penegakan hukum.

“Prajurit TNI-Polri banyak sudah gugur di Papua, dunia internasional juga harus membuka mata dan melihat persoalan di Papua ini dengan lebih obyektif,” jelasnya.

Dengan kejadian ini, lanjut Kharis, dirinya juga berharap pemerintah meningkatkan peran diplomasi.

“Dibutuhkan juga peran diplomasi. NKRI dan seluruh tanah air dari ujung timur sampai barat adalah wilayah kedaulatan yang wajib dihormati semua negara. Jangan sampai ada intervensi dalam masalah dalam penegakan hukum di negeri Indonesia,” tandasnya yang turut menyatakan duka cita terhadap keluarga korban.

Diketahui, pada Senin (3/12) lalu, KKSB menembak mati 31 pekerja pembangunan jembatan Kali Aorak dan Kali Yigi, serta penyerangan terhadap Pos TNI Yonif 756/Yalet di Distrik Mbua, Kabupaten Nduga yang menewaskan satu tentara dan satu terluka. (dil/IND)

source