Connect with us

Nasional

Lion Air JT-610 Meledak di Udara atau Laut? Begini Penjelasan Lengkap KNKT

Published

on

Kabarpolitik.com, JAKARTA – Misteri jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 belum dapat terungkap. Namun belakangan muncul teori jika burung besi tersebut meledak di udara, sebelum akhinya kandas di dasar laut Tanjung Karawang, Jawa Barat.

Terkait itu, Wakil Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Haryo Satmiko mengaku belum dapat memastikan kategori jatuhnya Lion Air JT-610. Meledak di udara atau di dalam air juga belum bisa dipastikan.

“Mungkin untuk mode of failure-nya atau modus kecelakaannya kita masih belum tahu apakah meledak di udara atau meledak di laut,” ujar Haryo di kantor KNKT, Jakarta Pusat, Jumat (2/11).

Sementara itu, dari ciri-ciri yang biasa terjadi, jika pesawat meledak di udara puing-puingnya akan tersebar dengan lokasi yang sangat luas. Namun hal itu tidak ditemukan pada Lion Air JT-610. Mengingat serpihan pesawat tidak terlalu berjauhan.

“Kalau misalkan ini (Lion Air JT-610, Red) meledak di udara, pesawat punya kecepatan tertentu seharusnya skalanya (pecahannya, Red) akan sangat luas,” kata Haryo.

“Tetapi kita dapatkan saat ini sebaran yang ada berada pada area yang cukup sempit,” imbuhnya.

Meski demikian, KNKT sampai saat ini belum dapat menyimpulkan misteri jatuhnya pesawat Lion Air JT-610. Semuanya akan dilaporkan dalam laporan hasil investigasi.

“Kesimpulannya apa kita belum berani menyimpulkan. Kita hanya membaca tanda-tanda. Kita mencatat semua kesaksian. Nah itulah nanti akan kita tampilkan dengan laporan secepatnya,” pungkas Haryo. (sat/JPC)

source