Connect with us

Nasional

Manfaat Kacang Harimau untuk Kesehatan

Published

on

Kabarpolitik.com – Pernahkah Anda mendengar tentang tiger nuts atau kacang harimau? Jenis kacang-kacangan ini sudah ada sejak 4000 tahun lalu dan banyak dikonsumsi oleh mereka yang hidup di daerah Mediterania, Mesir, hingga penduduk asli Amerika.

Tiger nuts memiliki bentuk bulat berkeriput dengan garis-garis seperti pola yang ada di tubuh harimau sehingga dinamakan demikian. Lantas apa manfaatnya?

Berikut ini beberapa manfaat kacang harimau untuk kesehatan, seperti dilansir laman MSN, Kamis (6/12).

 

  1. Mereka sangat tinggi serat.

Seperti yang pernah Anda dengar berkali-kali sebelumnya, diet kaya serat sangat penting untuk kesehatan pencernaan.

Serat juga merupakan kunci untuk menjaga berat badan yang sehat — makanan berserat tinggi cenderung lebih mengenyangkan daripada makanan berserat rendah, membuat Anda kenyang lebih lama dan membuat Anda tidak terlalu sering makan berlebih.

Selain itu, diet yang mengandung serat terbukti bisa mengendalikan kadar gula darah Anda dan mengurangi risiko Anda mengembangkan jenis kanker tertentu.

 

  1. Mereka sumber magnesium dan potasium yang sangat baik.

Magnesium sangat penting untuk lebih dari 300 reaksi dalam tubuh manusia, menurut National Institutes of Health.

Kalium, sementara itu, mengurangi risiko kematian sebesar 20 persen. Satu porsi kacang harimau mengandung antara 13-17 persen dari magnesium harian yang direkomendasikan dan melebihi tingkat potasium pisang.

 

  1. Susu kacang harimau adalah alternatif susu bebas laktosa.

Susu yang berasal dari kacang harimau adalah pengganti susu yang sempurna untuk orang yang hidup dengan intoleransi laktosa. Seperti susu sapi, susu kacang harimau kaya akan kalsium.

Anda bisa membeli susu kacang harimau pra-buatan atau Anda bisa membuatnya di dapur Anda sendiri.

Yang Anda butuhkan hanyalah blender yang bertenaga tinggi dan kain katun tipis untuk menyaring susu dari kacang harimau yang dihaluskan.

Anda bisa membeli kacang harimau baik yang dikupas atau tidak dikupas, meskipun versi kupasannya cenderung lebih lunak dan lebih mudah dimakan oleh banyak orang.

Jika Anda ingin memasukkan kacang harimau ke dalam masakan sehari-hari Anda, tepung tigernut yang dibuat sebelumnya tersedia secara online. (fny/jpnn)

source