Connect with us

Internasional

Menhub Apresiasi Keberhasilan Indonesia Kembali Terpilih Jadi Anggota Dewan IMO

Avatar

Published

on

Kabarpolitik.com – Indonesia telah terpilih kembali menjadi anggota Dewan International Maritime Organization (IMO) Kategori C Periode 2020-2021. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga terpilih sebagai Eksternal Auditor IMO mengalahkan Inggris dan Italia.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menyampaikan ucapan selamat kepada delegasi Indonesia atas upaya dan pendekatan diplomatisnya. Selain itu, Menhub juga berterima kasih kepada rakyat Indonesia yang telah memberikan dukungan sehingga Indonesia terpilih sebagai anggota Dewan IMO Kategori C.

“Alhamdulillah, hari ini saya mendapatkan laporan dari London bahwa Indonesia terpilih kembali sebagai anggota Dewan IMO Kategori C periode 2020-2021,” ujar Budi Karya dalam keterangannya, Minggu (01/12/2019).

Menurut Menhub Budi, dengan menjadi anggota Dewan IMO Kategori C memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk ikut serta dalam menentukan kebijakan-kebijakan IMO yang sangat berpengaruh pada dunia kemaritiman.

“Kita manfaatkan kesempatan tersebut untuk melanjutkan pembangunan di sektor maritim Indonesia agar dapat memberikan kemaslahatan masyarakat banyak,” katanya.

Sementara itu, pada penghitungan hasil voting pemilihan Dewan IMO, Indonesia mendapatkan suara dari 139 negara. Dengan suara sebanyak itu, Indonesia pun menempati posisi kelima dari 24 negara anggota IMO yang mencalonkan di Dewan IMO Kategori C.

Dalam pemilihan Anggota Dewan ini, terdapat 168 negara anggota IMO yang hadir pada Sidang Majelis IMO ke-31, dan hanya 165 negara yang memiliki hak suara, sementara 3 negara lain dianggap tidak eligible untuk memberikan suara.[rif]

Source

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *