Connect with us

Nasional

Mobil Esemka Siap Diproduksi, Ini Harapan Walikota Solo

Published

on

Kabarpolitik.com, SOLO – Walikota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mempunyai sejumlah harapan terhadap mobil Esemka. Jika nantinya benar akan mulai diproduksi bulan ini, Rudy berharap mobil karya anak negeri itu dibanderol lebih murah dibanding mobil-mobil pabrikan luar negeri. Selain itu, Rudy juga ingin agar dalam produksinya melibatkan lulusan dari Sekolah Menegah Kejuruan (SMK).

Ditemui di ruang kerjanya, mantan tandem Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin Kota Solo itu mengatakan, dengan adanya produksi tersebut menandakan semua persiapan sudah matang. Mulai dari sparepart dan juga tenaga kerjanya.

“Akhirnya mobil Esemka sudah diproduksi. Nantinya mobil ini jadi mobil rakyat jangan jadi mobil nasional,” terang Rudy, Jumat (5/10).

Rudy menginginkan agar dalam produksinya, mobil Esemka juga tidak melupakan konten lokal. Sehingga, sparepart dan lainnya tidak dimonopoli sendiri. Dengan adanya konten lokal yang sampai 80 persen, harganya Esemka akan lebih murah.

Kendati begitu, pria yang juga menjadi sosok dalam membesarkan nama Esemka itu menginginkan agar kualitas tetap menjadi yang terdepan

“Kualitas yang utama, soal kuantitas itu urusan nanti. Ini sudah menjadi penantian yang lama yakni tujuh tahun, perbaikan untuk sparepart-nya harus diperhatikan betul,” katanya.

Rudy melanjutkan, guna menunjang kualitas, tetap perlu adanya kerja sama dengan negara. Hal ini berkaitan dengan teknologi yang akan diterapkan untuk mobil Esemka.

“Dulu ada beberapa negara yang sudah bersedia bekerja sama, seperti dari Korea Selatan dan juga dari Jerman. Kita harus berani kalau tidak, kita juga tidak bisa mandiri,” tandasnya. (apl/JPC)

source