Connect with us

Politik

Pelantikan Pimpinan DPRD DKI Masih Gelap

Avatar

Published

on

Kabarpolitik.com – Pelantikan pimpinan DPRD DKI Jakarta masih gelap alias belum bisa ditentukan. Pihak DPRD masih menunggu surat keputusan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo tentang usulan pimpinan definitif DPRD DKI 2019/2024. 

“Kalau turunnya kita nggak bisa pastikan, tanyakan ke Mendagri,” ucap Ketua sementara DPRD DKI Jakarta Pantas Nainggolan saat dihubungi Indopolitika, Senin (7/10).

DPRD DKI Jakarta telah mengirim surat pengusulan pimpinan definitif DPRD DKI Jakarta kepada Mendagri pada Jumat (4/10). Mendagri punya waktu selambatnya 14 hari setelah surat itu dikirim atau pada 18 Oktober 2019. 

“Kalau nggak ada jawaban, berarti sudah bisa dilantik,” ucap Pantas.

Setelah pimpinan definitif dilantik, DPRD DKI Jakarta akan mengesahkan tata tertib DPRD dan alat kelengkapan dewan (AKD). “Itulah yang mendesak,” ucap Pantas. 

Wakil Ketua sementara DPRD DKI Jakarta Syarif menambahkan saat ini pihaknya berharap surat dari Mendagri turun Minggu ini. Namun, Syarif tidak bisa memastikan juga.

“Saya belum tahu (kapan turun), tapi saya mengharapkan Rabu (9/10) sudah turun,” kata Syarif. 

Diketahui, DPRD DKI Jakarta sudah mengumumkan nama-nama pimpinan periode 2019/2024. Mereka adalah Ketua DPRD Prasetio Edi Marsudi, Wakil Ketua DPRD ada M Taufik, Abdurrahman Suhaimi, Misan Samsuri, dan Zita Anjani.

Sementara itu, fraksi-fraksi di DPRD DKI Jakarta masih melangsungkan lobi untuk pengisian pimpinan-pimpinan komisi. Proses lobi dilakukan selagi menunggu persetujuan dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo soal pimpinan definitif DPRD DKI Jakarta.

“(Sehingga) ketika ketua definitif dilantik, maka tinggal memasangkan hasil koordinasi dari fraksi-fraksi yang ada,” ucap Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono saat dihubungi wartawan kemarin.

DPRD DKI Jakarta memiliki lima komisi yang fokus pada beberapa bidang. Komisi A bidang pemerintahan, Komisi B bidang perekonomian, Komisi C bidang keuangan, Komisi D bidang pembangunan, dan Komisi F bidang kesejahteraan rakyat. 

Gembong menyebut pembahasan kursi untuk lima komisi yang ada hampir selesai. Dia mengatakan DPRD dapat bekerja normal tidak lama setelah ketua definitif dilantik.

“(Lobi) sedang berlangsung dan Insya Allah ketika ketua definitif dilantik, nggak lama kita bisa definitifkan juga pimpinan komisi. Hampir matanglah,” kata Gembong.

Meski hampir selesai, Gembong tidak menyebut berapa kursi yang akan didapat PDIP. Menurutnya, struktur komisi akan diumumkan setelah selesai.

“Kalau itu nanti saja. Kalau soal dapat apa, dapat di mana, nanti saja. Kalau komunikasi, sudah dibangun,” ucap Gembong.[ab]

Sumber

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *