Connect with us

Nasional

Pengobatan Alami untuk Atasi Batuk dan Pilek

Published

on

Kabarpolitik.com – Pergantian musim seperti saat ini membuat tubuh kita rentan tertular penyakit seperti demam, flu dan batuk. Kalau sudah terjangkit batuk dan pilek, pasti membuat Anda akan merasa capek dan lelah. Mulai dari teggorokan yang mengganjal, dada sesak sampai perut kram karena tak kunjung sembuh.

Tapi tenang saja, setiap penyakit pasti datang dengan obatnya. Beberapa bahan makanan alami yang bisa diolah menjadi minuman pasti bisa menenangkan dan meredakan batuk dan pilek agar tidak timbul gejala lain sekaligus bisa menjaga tubuh untuk tetap fit.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman India Times, Rabu (5/12).

 

  1. Jus madu dan jahe

Madu dikenal untuk menenangkan tenggorokan dan jahe diketahui memiliki sifat antibiotik. Hancurkan beberapa jahe dan campurkan dengan jumlah madu yang sama dan konsumsilah apa adanya. Jika Anda menemukan bahwa rasanya tidak sesuai dengan keinginan Anda, Anda bisa mencampurnya dengan setengah gelas susu hangat juga. Ini langsung membersihkan saluran hidung dan menenangkan tenggorokan kering.

 

  1. Susu kunyit dan hangat

Menambahkan madu, kunyit dan lada hitam kedalam susu bekerja pada infeksi dada. Kunyit memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang membantu membunuh bakteri dan lada hitam membantu pencernaan dan meredakan batuk dan pilek. Minum ramuan ini 2 kali sehari.

 

  1. Biji rami, air jeruk nipis dan madu

Biji rami diketahui memberi keajaiban untuk mengatasi pilek. Rebus biji rami dalam air sampai campuran mengental dan kemudian saring. Tambahkan air jeruk nipis dan madu (sesuai selera) dan makan dua kali sehari. Rasa dingin Anda akan hilang dalam waktu singkat.

 

  1. Masala Chai

Jika Anda seorang pencinta teh, tidak ada yang seperti masala chai yang bisa memberikan bantuan instan dari flu dan batuk. Rebus air dengan daun teh dan tambahkan beberapa bumbu pilihan Anda (cengkeh, kayu manis, jahe dan lada hitam paling baik). Tutup, biarkan mendidih selama beberapa menit dan saring. Anda bisa menambahkan madu untuk menyeimbangkan rasanya.

 

  1. Gula merah

Rebus air dan lada hitam secara bersama. Kemudian tambahkan beberapa jinten dan biarkan hingga menjadi aromatik, tambahkan beberapa potong gula merah, biarkan di api kecil sampai gula merah meleleh sepenuhnya. Ini membantu dengan sakit tenggorokan dan membersihkan infeksi dada.

 

  1. Ekstrak bawang

Anda mungkin tidak menyukai rasanya yang pahit, tetapi obat ini dianggap sebagai salah satu solusi terbaik untuk mengobati dada yang sesak. Bawang memiliki quercetin yang membasmi lendir dan juga mencegah penumpukan lendir. Karena bawang mengandung sifat antimikroba, maka bawang juga mencegah infeksi.

Anda bisa membuat ekstrak jus bawang dan campurkan dengan jus lemon, madu dan air. Panaskan campuran ini dan minum ramuan hangat. Minum campuran ini 3-4 kali sehari. (fny/jpnn)

source