Connect with us

Internasional

Trump: Cina Telah Menyiksa Dunia

Avatar

Published

on

Kabarpolitik.com- Presiden AS Donald Trump menyerang Cina saat berpidato dalam Sidang Umum PBB. Trump menyinggung teori pencapaian Cina di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) sejak 2001 merupakan sebuah kesalahan.

Seperti diberitakan AFP Selasa (24/9/2019), Trump menyebut Beijing tak hanya menolak untuk mengadopsi reformasi yang dijanjikan. Tapi juga dianggap “menyiksa” pasar. Cina, kata Trump, mengadopsi sistem yang menghambat pasar, melakukan subsidi besar, memanipulasi mata uang, transfer teknologi secara paksa, hingga pencurian kekayaan intelektual.

“Selama bertahun-tahun, penyiksaan ini diabaikan, ditoleransi, bahkan didukung,” kata Trump.

Trump menilai, saat ini “globalisme” sudah membuat para pemimpin dunia seolah tidak peduli dengan kepentingan yang dibutuhkan negaranya. “Masa di mana Beijing sudah menyiksa sistem sudah berakhir,” tutur Trump.

Pidato Trump ini bagian dari aksi perang dagang antara Cina dan AS yang saat ini sudah memasuki bulan ke-16. Dalam pekan-pekan ke depan, delegasi Cina dikabarkan bakal berkunjung ke Washington untuk mendiskusikan masalah terkait perlindungan intelektual.

Mengomentari perang dagangnya, Trump berkata dia berharap kedua negara bisa mencapai perjanjian perdagangan yang dianggap bermanfaat. “Saya tidak akan menerima kesepakatan yang tidak mengunntungkan bagi rakyat AS,” ujar Trump.

Terkait kondisi Hong Kong saat ini, Trump mengatakan, pemerintahannya serius memperhatikan  aksi protes yang terjadi sejak Juni lalu.

“Dunia begitu berharap pemerintah Cina akan menghormati komitmen mereka, dan melindungi kebebasan maupun demokrasi Hong Kong,” tegas dia.

Trump menyebut cara Cina dalam menangani krisis di Hong Kong akan berdampak dalam peran mereka di dunia dalam masa mendatang.[sgh]

Source

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *