Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Judul berita “SETELAH MINUM AIR BEKAS CUCIAN KAKI JOKOWI LEBIH DARI 10 WARGA LANGSUNG DI LARIKAN KERUMAH SAKIT, KARNA SLURUH TUBUHNYA MENGALAMI GATAL-GATAL”

Moes

Published

on

Judul berita hasil suntingan. Judul berita aslinya adalah “Warga Berebut Air Bekas Cucian Kaki Jokowi” dimuat di situs tribunnews.com pada Minggu, 14 Desember 2014 20:35 WIB. Di berita tersebut, air yang jadi rebutan untuk mencuci muka oleh warga adalah sisa air yang sudah disiapkan di dalam ember oleh relawan yang digunakan Presiden Jokowi Widodo untuk membersihkan sepatunya.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
=============================================

Akun twitter WhaONe Daud (twitter.com/WhaoneDaud) mengunggah sebuah gambar tangkapan layar yang menampakkan tampilan dari artikel yang ditayangkan di situs tribunnews.com dengan seolah berjudul “SETELAH MINUM AIR BEKAS CUCIAN KAKI JOKOWI LEBIH DARI 10 WARGA LANGSUNG DI LARIKAN KERUMAH SAKIT, KARNA SLURUH TUBUHNYA MENGALAMI GATAL-GATAL” dengan narasi “ini berita kapan ya? @tribunnews ada tau? ane dpt dri fb”

Tangkapan layar ini diambil dari akun facebook Rina Hartati yang menunggah gambar tersebut dengan narasi “sudah kehilangan akal sehat,dungu diatas dungu.musrik di laknat Allah.bnyak mkan taik cebong goblok”

Sumber : https://perma.cc/7XZP-TDV6 (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, berita terkait warga yang berebut air sisa Presiden Jokowi Widodo mencuci kaki memang pernah dimuat di situs tribunnews.com pada Minggu, 14 Desember 2014 20:35 WIB dan situs jateng.tribunnews.com pada Minggu, 14 Desember 2014 19:55.

Namun judul yang benar adalah “Warga Berebut Air Bekas Cucian Kaki Jokowi” dan di dalam artikel berita itu tidak disebutkan adanya lebih dari 10 warga yang dilarikan ke rumah sakit karena seluruh tubuhnya mengalami gatal-gatal setelah meminum air sisa yang digunakan Jokowi untuk membersihkan kaki dan sepatunya itu.

Berikut isi lengkap artikel tersebut;

TRIBUNNEWS.COM, BANJARNEGARA – Setelah meninjau lokasi longsor, sepatu kerja pantofel milik Presiden Jokowi yang semula bewarna hitam mengkilat, berubah warna jadi coklat karena lumpur.

Jokowi pun membersihkan kaki dan sepatunya sendiri dengan menggunakan air yang sudah disiapkan di dalam ember oleh relawan.

Saat membersihkan lumpur di sepatu, jokowi pun tidak segan mengusap-usap kakinya dengan menggunakan tangan di hadapan ratusan warga yang saat itu mengerubutinya.

Selesai membersihkan sepatu dan tanganya menggunakan air bersih, Jokowi langsung naik ke mobil dan meninggalkan lokasi untuk menuju ke posko logistik.

Di sana dia menyerahkan bantuan berupa selimut kepada pengungsi.

Sesaat setelah Jokowi masuk ke dalam mobil, ratusan warga yang sudah berdesak-desakan untuk melihat lebih dekat orang nomor satu di negeri ini, langsung menyerbu sisa air cucian Jokowi untuk membasuh muka.

Mereka menganggap bahwa air bersih sisa yang digunakan Jokowi dapat membawa berkah.

“Alhamdulilah saya senang, bisa basuh muka saya dengan air bersih sisa milik Pak Jokowi. Ya semoga berkah. Sebab, Pak Jokowi adalah orang yang jujur, baik dan sangat penyabar,” ujar Marnoto, warga Desa Pencil, Kecamatan Karangkobar, usai membasuh muka dengan air bersih sisa Jokowi.

Warga lainnya, Yuni (26) berharap setelah membasuh mukanya dengan air bersih sisa dari Presiden RI dapat mendapat keberkahan.

“Ya moga-moga aja nasib saya ke depan bisa sukses kayak Pak Presiden,” kata dia.

REFERENSI :
https://m.tribunnews.com/regional/2014/12/14/warga-berebut-air-bekas-cucian-kaki-jokowi
https://jateng.tribunnews.com/2014/12/14/warga-berebut-air-bekas-cucian-kaki-jokowi

http://platform.twitter.com/widgets.js

Sumber: turnbackhoax.id

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *