Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] “Mengapa Canada menolak menghilangkan babi dari menu makanan sekolah?”

Moes

Published

on

Hoaks yang berulang kali muncul sejak tahun 2013. Selain Dorval (Kanada), pernah juga disebut di Belgia dan Australia.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten Palsu.

======

SUMBER

http://bit.ly/2OGTH52 / http://archive.md/3ereC (arsip cadangan), akun “Anggoro Ruwanto” (facebook.com/anggoro.ruwanto). Sudah dibagikan 3,016 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Jawaban gubernur motreal begini :
“Akhirnya, mereka ( orang orang muslim yang di Canada ) harus mengerti bahwa di Kanada (Quebec) dengan akar Yudeo-Kristen, pohon natal, gereja dan festival keagamaannya, agama harus tetap berada dalam wilayah pribadi.
Kotamadya Dorval benar menolak konsesi apapun terhadap Islam dan Syariah.”

Salinan narasi selengkapnya di (3) bagian REFERENSI.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten Palsu

Konten baru yang 100% salah dan didesain untuk menipu serta merugikan”.

* Narasi yang dibagikan oleh SUMBER adalah hoaks yang berulang kali muncul sejak tahun 2013 dengan lokasi kejadian yang berpindah-pindah, selan Dorval di Kanada pernah juga disebutkan terjadi di Belgia dan Australia.


(2) http://bit.ly/2Rf2NaO / http://archive.md/pjK4A (arsip cadangan), City of Dorval:

“KOTA DORVAL MENGECAM BERITA PALSU YANG BEREDAR DI INTERNET
Diterbitkan pada 01-27-2015

Selama beberapa minggu sekarang, berita palsu telah beredar di jejaring sosial, dan juga melalui serangkaian email, tentang Walikota Dorval yang diduga menolak untuk menindaklanjuti permintaan dari orang tua Muslim yang memintanya untuk menghapus babi dari kafetaria sekolah Kota. Kisah ini juga mengutip komentar spekulatif dari Walikota tentang Muslim.

Kota Dorval ingin mengecam artikel palsu ini dan keberatan dengan perampasan identitas ini. Pengguna internet di seluruh dunia telah mempublikasikan berita palsu ini seolah-olah sebagai berita yang benar, dan Walikota ingin meluruskan dengan mengatakan bahwa, tidak sama sekali, dia, atau perwakilan Kota, telah membuat komentar seperti itu.

Meskipun sulit untuk melacak asal-usul tipuan ini, penelitian kami telah membuat kami percaya bahwa itu dimulai di Amerika Serikat. Tipuan serupa tentang seorang Walikota di Belgia telah bersirkulasi di Web pada tahun 2013.”

(Google Translate, dengan penyesuaian seperlunya).

======

REFERENSI

(1) Buzzfeed News: “Tipuan Ini Tentang Tanggapan Menghina Walikota Kanada Terhadap Orang Tua Muslim Terus Kembali”

Selengkapnya di http://bit.ly/2RbaD5d / http://archive.md/jcgN3 (arsip cadangan).


(2) Snopes.com: “Variasi: Varian dari item ini menggeser lokal dari Belgia ke Dorval, Quebec, Kanada. Pada 2016 kisah itu berpindah di sekitar planet ini ke Maryborough, Victoria, Australia.”

Selengkapnya di http://bit.ly/35PZkn8 / http://archive.md/G20gn (arsip cadangan).


(3) Salinan narasi selengkapnya: “BABI DI CANADA 🇨🇦

Mengapa Canada menolak menghilangkan babi dari menu makanan sekolah?
Banyak orang islam di kanada meminta babi tidak dihidangkan di kantin kantin dan resto resto di montreal.

Jawaban gubernur motreal begini :

“Akhirnya, mereka ( orang orang muslim yang di Canada ) harus mengerti bahwa di Kanada (Quebec) dengan akar Yudeo-Kristen, pohon natal, gereja dan festival keagamaannya, agama harus tetap berada dalam wilayah pribadi.
Kotamadya Dorval benar menolak konsesi apapun terhadap Islam dan Syariah.

“Bagi umat Islam yang tidak setuju dengan sekularisme dan tidak merasa nyaman di Kanada, ada 57 negara Muslim yang indah di dunia, kebanyakan di antaranya berpenduduk padat dan siap menerima kalian dengan aturan halal sesuai dengan Syariah.”

“Jika Anda meninggalkan negara Anda untuk pindah ke Kanada, dan bukan ke negara-negara Muslim lainnya, itu karena Anda telah menganggap dan merasakan bahwa kehidupan anda pasti lebih baik di Kanada daripada di negara negara muslim lain. Jadi kalau anda sudah kami terima dengan baik dan anda sendiri nyaman dengan negara kami, jangan coba coba mengatur apa yang baik bagi kami karena tanpa aturan anda, bukankah kita semua sebagai warga Canada merasa lebih nyaman. Dan bagi yang merasa tidak nyaman kami membuka pintu seluas-luasnya untuk anda meninggalkan Canada. Jadi sekali lagi
Tanyakan pada diri Anda, sekali saja,” Mengapa saya merasakan lebih baik di sini di Kanada daripada tempat asal saya ? “

Demikian pula untuk para Kadrun,
Kami bangsa Indonesia sudah nyaman dengan NKRI, demokrasi, Pancasila dan Bhineka tunggal Ika, Bila kalian merasa tidak nyaman, silahkan pergi ke negara negara yang menerapkan syariah dan khilafah. Jangan bikin aturan sendiri.”

Sumber: turnbackhoax.id

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *