Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Pemilu Belum Dilaksanakan, Tapi Sudah Tau Menang

Moes

Published

on

Unggahan akun Facebook Sugeng Raharjo atau @sugeng.raharjo.33 yang berisi screenshot berita media daring Timlo.net yang bertajuk “Jokowi-Amin Sudah Sebulan Dilantik, KPU Bongkar Ribuan Kotak Suara Pemilu 2019” dengan menambahkan narasi “Lha iya gk aneh….Pemilu aja belum di laksanakan tapi sdh tau Menang,” dapat masuk kedalam kategori konten yang menyesatkan atau misleading konten.

Diketahui dalam artikel Timlo.net tersebut, pembongkaran kotak suara dilakukan untuk kepentingan pengarsipan dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain itu diketahui juga KPU menetapkan pasangan Jokowi – Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Minggu, 30 Juni 2019, setelah MK menolak gugatan yang diajukan Prabowo – Sandi.

=====

KATEGORI: Misleading Content

=====

SUMBER: Media Sosial Facebook

=====

NARASI:

“Lha iya gk aneh….Pemilu aja belum di laksanakan tapi sdh tau Menang,” unggah akun Facebook Sugeng Raharjo atau @sugeng.raharjo.33, Rabu (27/11).

=====

PENJELASAN:

Akun Facebook Sugeng Raharjo atau @sugeng.raharjo.33 mengunggah screenshot berita media daring yang berjudul “Jokowi-Amin Sudah Sebulan Dilantik, KPU Bongkar Ribuan Kotak Suara Pemilu 2019”. Namun, pada unggahan tersebut, akun @sugeng.raharjo.33 menambahkan narasi yang inti pesannya mendiskreditkan Pemilu 2019. Berikut narasi lengkapnya:

“Lha iya gk aneh….Pemilu aja belum di laksanakan tapi sdh tau Menang,” unggah akun Facebook @sugeng.raharjo.33, Rabu (27/11).

Setelah ditelusuri melalui mesin pencari, dalam artikel Timlo.net tersebut, tidak ditemukan penjelasan yang menyatakan Pemilu belum dilaksanakan, tetapi sudah diketahui siapa pemenangnya. Akan tetapi dalam artikel itu dijelaskan bahwa pembongkaran ribuan kotak suara, dilakukan untuk pengarsipan dari pelaksanaan Pemilu yang lalu.

Berikut artikel lengkapnya:

Jokowi-Amin Sudah Sebulan Dilantik, KPU Bongkar Ribuan Kotak Suara Pemilu 2019
2 Desember 2019 , 13:05 WIB | muhammad ismail – Timlo.net in Kota, Sosial

Solo — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo membongkar 8.670 kotak suara Pemilu 17 April 2019. Kotak suara tersebut terbagi dalam lima bagian, yakni kotak DPRD Kota, DPD, Capres-Cawapres, DPR RI, dan DPRD Provinsi Jateng.

“Hari ini (Senin) kami mulai bongkar lima kotak suara yang digunakan saat Pileg dan Pilpres tanggal 17 April lalu,” ujar Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti kepada Timlo.net, Senin (2/12).

Pembongkaran kotak suara tersebut, kata dia, dilakukan setelah KPU RI mengeluarkan aturan terkait kotak suara Pileg dan Pilpres dibongkar setelah sebulan presiden dan wapres terpilih, Jokowi-Ma’ruf Amin, anggota DPR RI, anggota DPRD Kota, anggota DPRD Provinsi, dan anggota DPD selesai dilantik dan mengucap janji jabatan.

“Kami tindak lanjuti aturan itu dengan mengundang Bawaslu dan Polresta Solo untuk menjadi saksi pembongkaran kotak suara ini,” kata dia.

Nurul mengatakan, total ada sebanyak 8.670 kotak suara yang dibongkar petugas KPU. Kotak suara tersebut terdiri dari surat suara, kertas perhitungan suara, berita acara, paku, dan lainnya.

“Baik kotak suara dan isinya tidak ada yang kita musnahkan. Khusus kotak suara ini masuk kategori arsip sehingga kita keluarkan dan dimasukkan ke dalam bungkus plastik bening dan diberikan tulisan TPS asal kotak suara yang dibongkar,” jelasnya.

Diketahui, KPU telah menetapkan pasangan Joko Widodo (Jokowi) – Ma’ruf Amin pada Minggu (30/6) 2019 lalu, setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan dari pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

=====

REFERENSI:

1. https://archive.md/tdtfV
2.https://www.facebook.com/groups/1335605393260051/permalink/1453316358155620/
3.https://timlo.net/baca/73877/jokowi-amin-sudah-sebulan-dilantik-kpu-bongkar-ribuan-kotak-suara-pemilu-2019/
4.https://katadata.co.id/berita/2019/06/30/kpu-tetapkan-jokowi-maruf-pemenang-pilpres-2019-dilantik-oktober

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1046851328980735/

Sumber: turnbackhoax.id

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *