Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Video “Gus Dur dibaptis”

Moes

Published

on

Bukan dibaptis tapi didoakan. Di video itu, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sedang didoakan bersama oleh umat Kristiani.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Salah
=============================================

Akun Rubio (fb.com/ashie.lee.5872) mengunggah sebuah video dengan narasi :

“GUSDUR DIBAPTIS ??
Pantesan …oh pantesan
KELUARGA DAN PENGIKUTNYA RADA-RADA sesat”

Sumber : https://perma.cc/XDQ7-9CH7 (Arsip) – Sudah dibagikan 67 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut sudah beredar sejak tahun 2003 dalam bentuk Video CD (VCD) atau Compact Disc digital video.

Faktanya, KH Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur bukan dibaptis melainkan didoakan bersama oleh umat Kristiani. Saat itu Gus Dur dikelilingi beberapa pendeta, romo dan Cyndi Charkate, seorang utusan khusus dari Amerika Serikat untuk melakukan doa bersama dipimpin Pendeta Sudi Darma, yang tangannya diarahkan ke arah Gus Dur, diikuti ribuan pendeta, romo, jema’at Kristiani.

Pada November 2003, klarifikasi terkait video ini dimuat di situs resmi Nahdlatul Ulama, nu.or.id. Berikut sebagian isi artikel yang berjudu; “Heboh, VCD Gus Dur Dibaptis” dan dimuat pada Jumat 7 November 2003 18:45 WIB tersebut;

“Isi VCD itu ternyata tidak ada keterkaitan dengan “syarat-rukunnya” baptis (tata cara memasuki agama Nasrani-red), yang biasanya kegiatan ritual khusus tersebut dilakukan di Altar Gereja, dimandikan, diganti nama, atau ditambah nama baptis. Hal itu diakui oleh Romo Fajar, seorang pendeta Katolik di Bondowoso. ketika ditanya komentarnya terhadap beredarnya isu Gus Dur dibaptis.

Kemudian mengenai Isu Gus Dur di baptis, kembali Romo Fajar menjelaskan apa yang dilakukan oleh pendeta dan romo tersebut hanya menyembahyangkan dan mendo’akan keselamatan Gus Dur.”

Lalu pada Maret 2004, bantahan disampaikan oleh DPP Partai Kebangkitan Bangsa. Pada saat itu, Wakil Ketua umum DPP PKB Mahfud MD yang didampingi Kofifah Indraparawansa dalam jumpa pers di Graha Astranawa, Jl. Gayungsari, Surabaya, Senin (29/3/2004) menyatakan akan mengadukan kasus yang menimpa Ketua Dewan Syuro PKB Abdurahman Wahid ini secara pidana.

Pada Februari 2008, Gus Dur sendiri kembali membantah bahwa dirinya dibaptis. Menurut Ketua Dewan Sura Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut, kalau dirinya dibaptis, maka dirinya telah ditolak para ulama di Pulau Jawa.

“Kalau saya dibaptis, pastinya tidak kemari,” kata Gus Dur menjawab pertanyaan seorang jemaah ketika berdialog dengan tokoh ulama muslim pengikut ajaran Tarekat Syatari`ah di komplek makam ulama kharismatik Minangkabau, Syech Burhanuddin, di Ulakan, Kabupeten Padang Pariaman, Sumatra Barat, Kamis (21/2/2008).

“Saya datang ke tempat ibadah non-muslim di Istora, mereka punya perayaan lalu tokohnya minta saya naik ke atas pangung untuk didoakan. Siapa yang tahu kalau doa tersebut diterima oleh Allah atau tidakkan bukan urusan kita,” kata Gus Dur.

Sementara itu, pada Februari 2010, Tokoh agama Kristen di Sulawesi Tengah Pendeta Rinaldy Damanik mengatakan bahwa mantan Presiden RI KH Abdurahman Wahid (Gus Dur) tidak pernah dibaptis seperti diisukan beberapa waktu lalu.

“Beliau hanya didoakan oleh umat Kritiani,” katanya dalam dialog pluralisme dan kebangsaan berthema “Bedah pemikiran Gus Dur dan gerakan kebangsaan dan kultural” di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), Kamis (11/22010).

“Dibaptis dan didoakan itu beda. Saya juga pernah didoakan oleh Abu Bakar Ba’asyir waktu kami sama-sama dipenjara. Apakah dengan begitu saya juga sudah Islam, kan tidak. Apakah saling mendoakan itu salah,” kata Damanik.

REFERENSI
https://www.nu.or.id/post/read/6034/heboh-vcd-gus-dur-dibaptis
https://news.detik.com/berita/116005/pkb-bantah-isi-vcd-yang-gambarkan-pembaptisan-gus-dur
https://www.liputan6.com/news/read/187329/gus-dur-bantah-pernah-dibaptis
https://m.inilah.com/news/detail/339752/pendeta-damanik-gus-dur-tak-pernah-dibaptis

Sumber: turnbackhoax.id

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *