Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Video “Perlakuan Rezim @Jokowi Cs Terhadap Ulama Di #Surabaya”

kabarpolitik.com

Published

on

Video hasil SUNTINGAN, memotong bagian ketika petugas didorong oleh Habib Umar Assegaf.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Dimanipulasi.

======

SUMBER

Akun “Mata Elang” (twitter.com/SorotMata212), sudah dibagikan 2.5 ribu kali per tangkapan layar dibuat.

http://archive.md/m1GWs (arsip cadangan).

======

NARASI

“Lihatlah Perlakuan Rezim @Jokowi Cs Terhadap Ulama Di #Surabaya ..

#SelamatkanRI

#ImpeachmentJokowi”.

======

PENJELASAN

(1) First Draft News: “Konten yang dimanipulasi

Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu”

Selengkapnya di http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S.

* Video yang dibagikan oleh SUMBER adalah hasil suntingan.

* SUMBER menambahkan narasi yang tidak sesuai dengan fakta sehingga menimbulkan kesimpulan keliru.


(2) Beberapa artikel yang berkaitan,

* 20DETIK: “Viral di media sosial pria bergamis bernama Umar Abdullah Assegaf memarahi dan mendorong petugas karena ditegur melanggar PSBB Surabaya. Peristiwa ini terjadi pada Rabu (20/5) sore.”

Video di “Langgar PSBB, Habib Umar Assegaf Marahi dan Dorong Petugas” https://bit.ly/3e4Fs3G / http://archive.md/ZWvwt (arsip cadangan).

* YouTube: “VIVA.CO.ID
801K subscribers

VIVA – Sebuah video yang menggambarkan seorang pria bergamis dan berserban putih adu pukul dengan petugas gabungan yang berjaga di check point Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB Exit Tol Satelit Surabaya, Jawa Timur. Video itu viral di media sosial sejak Rabu malam, 20 Mei 2020.”

Selengkapnya di “Habib Umar Assegaf Adu Jotos Dengan Petugas PSBB” https://bit.ly/3bTaL05 / http://archive.md/oYnM7 (arsip cadangan).

======

REFERENSI

Beberapa artikel yang berkaitan,

* detikNews: “Kepala Satpol PP Jatim Budi Santosa mengatakan, petugas Satpol PP yang ada di dalam video viral merupakan petugas di bawah komando Satpol PP Surabaya. Menurutnya, kejadian tersebut akan diselesaikan secara kekeluargaan.”

Selengkapnya di “Habib Umar Assegaf Nyaris Adu Pukul dengan Satpol PP, Ini Penyelesaiannya” https://bit.ly/2WTYu7q / http://archive.md/lF9uj (arsip cadangan).

* detikNews: “Petugas PSBB menghentikan kendaraan Toyota Camry dengan Nopol N 1 B dari arah Malang yang akan masuk Kota Surabaya. Namun karena sang sopir tidak mengenakan masker, dan jumlah penumpang mobil melebihi kapasitas, kendaraan tersebut diminta putar balik.”

Selengkapnya di “Kisah Habib Assegaf: Langgar PSBB, Lawan Petugas hingga Akhirnya Dilaporkan” https://bit.ly/2zoaftD / https://archive.md/gAC8L (arsip cadangan).

* CNN Indonesia: “Baik Umar dan petugas Satpol PP, kata Truno, juga telah saling memaafkan tanpa syarat. Hal itu tak lain untuk menjaga kondusifitas dan keselamatan masyarakat dari hal-hal yang tak diinginkan.

“Kedua belah pihak sudah menyatakan untuk saling memaafkan ya, harapan juga tanpa syarat. Artinya semua yang terjadi ini tujuannya kan kita untuk menyelamatkan masyarakat juga dan juga keluarganya,” katanya.”

Selengkapnya di “Polisi: Insiden Baku Pukul Habib Umar Assegaf Sudah Damai” https://bit.ly/36tavUn / https://archive.md/WUxJd (arsip cadangan).

http://platform.twitter.com/widgets.js

Sumber: turnbackhoax.id

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *