Connect with us

Internasional

WHO Targetkan Vaksin COVID-19 Bisa Digunakan 18 Bulan Lagi

Avatar

Published

on

Kabarpolitik.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa (11/2) mengumumkan nama baru untuk penyakit virus corona tipe baru yang mematikan itu. WHO pada kesempatan ini, mengatakan bahwa vaksin untuk virus corona ditargetkan akan siap dalam 18 bulan mendatang.

“Penyakit virus corona tipe baru kini telah memiliki nama resmi yaitu COVID-19, yang merupakan singkatan dari penyakit virus corona yang dimulai pada tahun 2019,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam sebuah konferensi pers di Jenewa, Selasa (10/2/2020).

Di bawah pedoman WHO, Organisasi Dunia untuk Kesehatan Hewan, dan Organisasi Pangan dan Pertanian, nama untuk penyakit ini harus menghindari referensi ke lokasi geografis, hewan, individu, atau sekelompok orang tertentu, ungkap Tedros.

“Pemberian sebuah nama ini penting untuk mencegah penggunaan nama lain yang bisa tidak akurat dan menghindari stigmatisasi. Hal ini sekaligus memberi kita format standar untuk digunakan terhadap wabah virus corona di masa depan,” tambahnya.

Terlepas dari upaya penelitian global yang sedang berlangsung, kepala WHO memperkirakan bahwa vaksin COVID-19 pertama akan siap dalam waktu 18 bulan. Untuk saat ini, ia merekomendasikan tindakan pencegahan dasar untuk masyarakat seperti mencuci tangan secara teratur dengan setetes alkohol atau sabun, menjaga jarak dari orang yang batuk atau bersin, serta menutup mulut dan hidung dengan tisu atau siku tangan ketika batuk maupun bersin.

Ia menegaskan kembali bahwa sekarang ini adalah peluang untuk melawan penyakit ini, karena sebagian besar kasus sejauh ini masih ada di Tiongkok. Tedros juga menyatakan keprihatinannya terhadap penyebaran virus ke negara-negara dengan sistem kesehatan masyarakat yang lebih lemah, yang katanya “akan menciptakan malapetaka”.

Source

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *