Connect with us

Internasional

Ahli Ingatkan Perayaan Kemerdekaan AS Dibayangi Omicron BA.4 dan BA.5

Published

on

Kabarpolitik.com – Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 masih menjadi ancaman di Amerika Serikat. Di tengah meluasnya penularan Covid-19, para ahli kesehatan mengingatkan masyarakat untuk terus waspada akan euforia perayaan kemerdekaan yang jatuh setiap 4 Juli tersebut.

Ahlu mengingatkan masyarakat untuk tidak menganggap sepele varian ini dan tetap merayakan liburan dengan aman. Namun, dengan penghapusan sebagian besar pembatasan termasuk persyaratan masker dan vaksinasi, masyarakat menjadi lebih longgar bergerak. Padahal Covid-19 masih aktif di AS dan menyebabkan penyakit parah dan kematian.

“Penting untuk diingat bahwa kita masih memiliki orang yang terinfeksi dan meninggal akibat Covid-19,” kata Ahli Kesehatan dr. Barry Ramo kepada KOAT 7 News di New Mexico.

Hal itu, kata dia terutama benar karena virus terus bermutasi dan bertransformasi untuk menginfeksi lebih banyak orang. Varian Omicron lebih menular dan menyebabkan penyakit yang tidak terlalu parah, tetapi sub-varian Omicron dapat berkembang untuk tetap menular dan menyebabkan penyakit yang lebih parah.

“Sub-garis keturunan omicron baru BA.4 dan BA.5 menyalip BA2.12 dan menyebabkan infeksi ulang yang lebih mungkin menyebabkan masalah paru-paru pada orang yang berisiko dan dapat menyebabkan rawat inap dan kebutuhan akan perawatan ICU,” kata Ahli Kesehatan dr. Desmar Walkes dari Otoritas Kesehatan Kabupaten Austin-Travis.

BA.5 menyumbang 36,6 persen dari semua kasus Covid-19 di AS pada pekan yang berakhir pada 25 Juni, menurut laporan CNBC. Ahli Kesehatan dr. Jennifer Lighter mengatakan bahwa subvarian itu adalah strain Covid-19 yang paling menular yang pernah kita lihat. Analisis terbaru dari Inggris juga menyoroti kemungkinan bahwa BA.5 dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah daripada sub-varian Omicron lainnya.

“Yang penting adalah semua orang sudah divaksinasi dan booster,” kata dr. Lighter seperti dilansir dari IB Times.

Para ahli merekomendasikan pengujian sebelum bepergian dan merayakan di luar ruangan jika memungkinkan. Jika merayakan di luar ruangan tidak memungkinkan, terutama saat di dalam ruangan dengan banyak orang, pemakaian masker adalah cara terbaik untuk melindungi semua orang yang terlibat. Mereka yang bepergian di seluruh negeri harus mematuhi pedoman dan rekomendasi dari masing-masing maskapai dan bandara.

“Meski umumnya ringan dan tanpa gejala, tetapi masih ada orang-orang rentan seperti lansia yang masih perlu kita lindungi,” tutup Ahli Kesehatan Jennae Freeman yang juga CEO Neighborhood Medical Center di Tallahassee kepada WTXL 27.

(jp)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.