Connect with us

Internasional

FBI Geledah Rumah Presiden Biden, Dokumen Rahasia Disita

Published

on

Kabarpolitik.com – FBI menggeledah rumah Presiden AS Joe Biden di Wilmington, Delaware, pada hari Jumat (21/1). Dalam peristiwa itu, Biden dan istrinya, Jill, sedang tak ada di lokasi. FBI menemukan dokumen rahasia dan juga menyita beberapa catatan tulisan tangannya.

Pengacara presiden mengonfirmasi, Sabtu (22/1). Biden secara sukarela mengizinkan FBI masuk ke rumahnya.

“Selama penggeledahan hari Jumat, yang berlangsung hampir 13 jam, FBI mengambil 6 barang yang berisi dokumen dengan tanda rahasia,” kata Pengacara Presiden, Bob Bauer seperti dilansir dari AP, Minggu (22/1).

Barang-barang itu mencakup kinerja Biden di Senat dan wakil presiden, sementara catatan itu berasal dari masanya sebagai wakil presiden.

Asisten Jaksa Penuntut AS Joseph Fitzpatrick mengonfirmasi bahwa FBI telah melakukan penggeledahan terencana dan konsensual dari kediaman presiden di Wilmington.

Klarifikasi Biden
Presiden dan ibu negara Jill Biden tidak ada di rumah saat digeledah. Mereka menghabiskan akhir pekan di rumah pribadi mereka di Pantai Rehoboth, Delaware.

Berbicara kepada wartawan selama perjalanan ke California pada hari Kamis, Biden mengatakan dia sepenuhnya bakal kooperatif dan siap bekerja sama. Ia berharap agar segera menyelesaikan masalah ini dengan cepat.

“Kami menemukan beberapa dokumen diajukan di tempat yang salah,” kata Biden.

“Kami segera menyerahkannya ke Arsip dan Departemen Kehakiman,” ungkap Biden.

Pengacara pribadi Biden sebelumnya memeriksa dokumen di kediaman Pantai Rehoboth dan mengatakan mereka tidak menemukan dokumen resmi atau catatan rahasia. FBI, menurut pengacara presiden memiliki akses penuh menyambangi rumah Presiden.

“Termasuk (menyita) catatan tulisan tangan pribadi, file, kertas, pengikat, memorabilia, daftar tugas, jadwal, dan pengingat selama beberapa dekade,” kata pengacara presiden.

(jp)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *