Connect with us

Politik

Kaesang Pangarep Perdana Ikuti Kirab Pusaka Puro Mangkunegaran

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep perdana hadir dalam kirab pusaka Puro Mangkunegaran dalam acara Satu Suro pada Minggu (7/7/2024). Kaesang terlihat hadir bersama sang istri Erina Gudono.

Pantauan rri.co.id dengan menggunakan pakaian Beskap lengkap berwarna hitam, putra bungsu Presiden Jokowi ini hadir bersama istrinya sekitar pukul 19.00 WIB. Kaesang Pangarep dan Erina Gudono datang menggunakan mobil berplat Yogyakarta yang diarahkan langsung ke Pringgitan Pura Mangkunegaran.

Kehadiran Kaesang Pangarep sendiri dalam acara kirab pusaka Puro Mangkunegaran adalah kali pertama. Sementara kakaknya Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka justru tidak terlihat hadir dalam acara kirab.

Kirab pusaka dimulai pada pukul 19.30 WIB, Kaesang bersama Erina Gudono terlihat mengikuti prosesi tapa bisu peserta kirab dengan berjalan tanpa menggunakan alas kaki. Peserta kirab bergerak ke arah Ngarsopuro dan berbelok ke kanan ke arah Jalan Slamet Riyadi. Kemudian memutari tembok Mangkunegaran untuk kembali masuk melewati Ngarsopuro.

Kirab malam Satu Suro merupakan tradisi sebagai ungkapan bentuk rasa syukur, doa, serta harapan pada tahun baru Islam dalam penanggalan Jawa. Kaesang dan Erina mengikuti acara hingga selesai pada pukul 21.52 WIB.

Selain Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, ada beberapa politisi hingga pejabat yang terlihat hadir dalam acara kirab malam Satu Suro. Diantaranya politikus PDIP Aria Bima, Wakil Wali Kota Surakarta, Teguh Prakosa, Dandim 0735 Letkol Eko Hardianto, dan Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi.

Ada juga anak politisi Puan Maharani, yakni Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari atau Pinka Hapsari, Ketua KADIN Surakarta Ferry Saptha Indrianto, hingga bos Persis Solo Kevin Nugroho. (JK)

 

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *