Connect with us

Nasional

Kementerian Pertahanan Menerima Kedatangan Pesawat Falcon 8X A-0801

Kementerian Pertahanan Menerima Kedatangan Pesawat Falcon 8X A-0801

Jakarta – Kementerian Pertahanan menerima kedatangan Pesawat Falcon 8X dengan nomor registrasi A-0801 dan langsung diserahterimakan kepada Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) di Lanud Halim Perdanakusuma, Rabu (8/11).

Pesawat ini adalah salah satu realisasi tindak lanjut dari perintah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, untuk pembangunan kekuatan TNI. Salah satunya melalui pengadaan peralatan militer canggih dan modern, terutama bagi TNI Angkatan Udara.

Pesawat Falcon 8X A-0801 menjadi tambahan kekuatan untuk armada Komando Pengendalian Angkatan Udara (Kodal) TNI AU yang dirancang untuk mendukung tugas-tugas pimpinan dengan keunggulan dalam jangkauan tempuh yang jauh dan kemampuan pendaratan yang baik di landasan pendek.

Pengadaan Pesawat Falcon 8X ini merupakan hasil negosiasi antara Kementerian Pertahanan dan Dassault Aviation. Sebelumnya, TNI Angkatan Udara telah menerima interim Falcon 7X dan 8X pada bulan Desember 2022 sebagai tambahan armada pesawat angkut VIP.

Acara penerimaan pesawat Falcon 8X ini turut dihadiri oleh beberapa pejabat tinggi yaitu Panglima Koopsudnas, Danjen Kodiklatau, Kapusalpalhan Baranahan Kemhan, Karo Humas Setjen Kemhan, serta beberapa pejabat lainnya di lingkungan Kemhan dan TNI AU. (red/kp)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *