Connect with us

Nasional

Kepala BNPB Positif Covid-19, Masalah Baru Korban Gempa Sulbar

Fikri

Published

on

Kabarpolitik.com, MAMUJU – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo yang terpapar Covid-19, menjadi perhatian serius bagi masyarakat.

Khususnya bagi korban gempa di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) yang sempat dikunjungi oleh Jenderal TNI berpangkat bintang tiga ini.

Mencegah hal itu di tengah masa tanggap bencana tahap pertama ini, Juru Bicara Tanggap Bencana Sulbar, Nasir mengatakan, warga atau pihak lain yang pernah kontak langsung dengan Doni, diwajibkan untuk lebih ketat menerapkan protokol kesehatan.

Terutama menjalani rapid test atau swab test, untuk mengetahui apakah dirinya juga ikut terpapar. Jika benar, diwajibkan untuk isolasi mandiri dan menghindari dulu kontak fisik dengan orang lain yang tertimpa gempa ini.

“Beliau (Doni Monardo) isolasi mandiri di Jakarta. Untuk di sini, kita imbau untuk memperhatikan protokol kesehatan. Pakai masker dan cuci tangan. Sedapat mungkin di kondisi seperti ini kerumunan,” jelasnya, Minggu (24/1/2021).

Doni Monardo diketahui sempat mengunjungi posko utama gempa, di pelataran kantor Gubernur Sulbar, pada Sabtu malam (16/1/2021) lalu.

Doni yang saat itu didampingi oleh Gubernur Sulbar, Ali Baal Basdar dan sejumlah pihak terkait lainnya hadir menggelar rapat, sehari pasca gempa mengguncang Sulbar yang berkekuatan 6,2 magnitudo.

Di sana, Basarnas, Kapolda, TNI, warga sekitar, bahkan jurnalis sekalipun hadir dalam rapat itu dan sempat terjadi kerumunan. Meski sebagian besar yang hadir saat itu memakai masker, namun penularan Covid-19 bisa saja terjadi.

(Fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *