Connect with us

Nasional

Menhan Prabowo Hadiri Military Attache Corps ANZAC Reception

Published

on

Menhan Prabowo Hadiri Military Attache Corps ANZAC Reception

Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menghadiri Military Attache Corps ANZAC Reception for the Defense Forces of Australia and New Zealand di Westin Hotel, Jakarta (17/5). Acara tersebut merupakan perjamuan untuk memperingati Hari ANZAC (ANZAC Day) yang sebenarnya jatuh pada tanggal 25 April 2023.

Kehadiran Menhan Prabowo disambut oleh Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams PSM dan Atase Pertahanan Australia untuk Indonesia Brigadier Matt Campbell serta Wakil Dubes Selandia Baru Dr. Giselle Larcombe yang didampingi Atase Pertahanan Selandia Baru Col. Grant Morris.

Kedatangan Menhan Prabowo pada Perjamuan ANZAC ini juga menandai bentuk penghormatan dalam menjalin hubungan bilateral pertahanan yang baik antara Indonesia, Australia, dan Selandia Baru.

ANZAC Day merupakan hari nasional di Australia dan Selandia Baru untuk memperingati semua warga Australia dan Selandia Baru yang telah bertugas dan gugur dalam seluruh peperangan, konflik dan operasi penjaga perdamaian dan kontribusi juga penderitaan dari mereka yang telah bertugas.

Sejarah ANZAC Day berkenaan dengan peristiwa pendaratan tentara Australia dan Selandia Baru di Gallipoli, Turkiye pada tanggal 25 April 1915 yang menimbulkan korban ribuan jiwa tentara Australia dan Selandia Baru.

Berdasarkan peristiwa bersejarah tersebut selanjutnya tanggal 25 April ditetapkan dan diperingati sebagai Hari ANZAC. (red/kp)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *