Connect with us

Internasional

Pemakaman Ratu Elizabeth II, Berakhirnya Sebuah Era

Published

on

Kabarpolitik.com – “Selama 70 tahun masa pemerintahannya, mendiang ratu telah menyentuh banyak kehidupan.” Itulah sepenggal khotbah Uskup Agung Canterbury dalam upacara pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II.

Upacara pemakaman tersebut diadakan di Westminster Abbey kemarin (19/9). Ini merupakan prosesi pemakaman kenegaraan terbesar sejak kematian Winston Churchill.

Churchill yang merupakan perdana menteri (PM) Inggris memang bukan keluarga kerajaan. Namun, pada 30 Januari 1965, upacara pemakaman kenegaraan dilaksanakan untuknya berkat peranannya yang luar biasa kepada Kerajaan Inggris.

Upacara pemakaman kenegaraan untuk warga sipil harus mendapatkan persetujuan dari kerajaan dan parlemen sekaligus. Churchill adalah PM pertama di bawah kepemimpinan Ratu Elizabeth II. Yang terakhir adalah Liz Truss. Ratu wafat hanya berselang dua hari setelah menunjuk Truss secara resmi sebagai PM.

Berbeda dengan upacara pemakaman biasa, pada upacara pemakaman kenegaraan ada banyak protokol yang harus dilalui. Termasuk lying-in-state selama empat hari di Westminster Hall. Ini adalah prosesi saat peti jenazah diletakkan agar orang-orang bisa memberikan penghormatan terakhir.

Meski serupa, prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II jauh lebih besar daripada Churchill. Westminster Abbey, tempat upacara dihelat, memiliki arti tersendiri bagi Ratu Elizabeth II. Di gedung itulah dia menikah dengan mendiang suaminya, Pangeran Philip. Dia dinobatkan sebagai ratu Inggris di gedung yang sama. Ratu yang telah berkuasa selama 70 tahun itu dimakamkan tepat di samping makam Pangeran Philip di Kapel St George yang terletak di Kastil Windsor.

Hampir semua kepala negara diundang dalam prosesi untuk membawa Ratu Elizabeth II ke peristirahatan terakhirnya tersebut. Hanya ada beberapa negara yang tidak mendapatkan undangan. Yaitu, Rusia, Belarus, Syria, Afghanistan, Myanmar, dan Venezuela. Untuk Korea Utara (Korut), Nikaragua, dan Iran, yang diundang hanya duta besarnya.

Pemakaman dengan kode Operation London Bridge yang membutuhkan pengamanan besar-besaran itu terbilang sukses. Sekitar 2 juta orang diperkirakan melihat langsung iring-iringan jenazah Ratu Elizabeth II. Jutaan orang lainnya di berbagai penjuru dunia melihat melalui siaran langsung televisi.

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II mendapat perhatian dari berbagai negara. Media-media asing menempatkan peristiwa tersebut di halaman depan. The Guardian bahkan membikin liputan khusus tentang reaksi warga di negara-negara tetangga Inggris tentang pemakaman Ratu Elizabeth II. End of an era adalah topik besar yang mereka pilih.

Prosesi pemakaman dimulai dengan berakhirnya lying-in-state pada pukul 06.30 waktu setempat. Peti jenazah Ratu Elizabeth II dibawa dari Westminster Hall ke Westminster Abbey. Setelah upacara dimulai, peti dibawa ke Kapel St George di Kastil Windsor. Di Wellington Arch, jenazah dipindahkan dari kereta ke mobil. Kuda kesayangan Ratu Elizabeth II, Emma, juga ikut memberikan penghormatan terakhir di Kastil Windsor ketika iring-iringan jenazah lewat.

Kakak beradik William dan Harry serta istri mereka, Catherine “Kate” Middleton dan Meghan Markle, menjadi sorotan. Harry dan Meghan sempat dikritik karena berjalan dengan berpegangan tangan dalam beberapa prosesi yang dinilai melanggar protokol kerajaan. Kate maupun Meghan sama-sama memakai anting pemberian Ratu Elizabeth II.

Pasangan Duke dan Duchess of Sussex itu memang kerap mendapatkan kritikan setelah melepaskan statusnya sebagai keluarga kerajaan senior dan tidak mau lagi bekerja untuk kerajaan. Karena itu, dalam pemakaman kemarin, Harry tidak mengenakan baju militer. Hanya medalinya yang dipakai.

Prosesi pemakaman disiarkan di layar lebar di gedung-gedung sipil, termasuk di Belfast City Hall serta lokasi-lokasi penting lainnya seperti Holyrood Park di Edinburgh dan Hyde Park di London. Di Skotlandia, ribuan orang berkumpul di depan Istana Holyroodhouse. ”Saya menghargai apa yang dilakukan ratu untuk negara dan persemakmuran. Dia selalu melakukan hal yang benar, selalu memberikan segalanya, bahkan hingga hari-hari terakhirnya,’’ ucap Neale Farr yang ikut melihat iring-iringan pemakaman Ratu Elizabeth II.


PENGHORMATAN TERAKHIR: Iring-iringan petugas mengawal peti jenazah Ratu Elizabeth II menuju pemakaman setelah seremoni di Westminster Abbey, London, kemarin. (AFP)

PEMAKAMAN RATU ELIZABETH II DALAM ANGKA

  • 8/9/2022 tanggal kematian Ratu Elizabeth II. Dia wafat di Kastil Balmoral, Skotlandia, Inggris.
  • 10 hari masa berkabung nasional.
  • 70 tahun Ratu Elizabeth II bertakhta.
  • 96 tahun usia Ratu Elizabeth II saat meninggal.
  • 800 tamu undangan untuk kebaktian di Kapel St George, Kastil Windsor, menjelang pemakaman. Mereka adalah keluarga dan orang-orang terdekat Ratu Elizabeth II.
  • 2.000 pejabat dan tamu ikut dalam upacara pemakaman kenegaraan di Westminster Abbey. Sebanyak 500 orang di antaranya adalah kepala negara dan pemimpin kerajaan bersama pasangannya. Dua menit perkiraan waktu untuk mengheningkan cipta.
  • 2.868 berlian, 17 safir, 11 zamrud, 269 mutiara, dan 4 ruby menghiasi mahkota kerajaan yang diletakkan di atas peti jenazah Ratu Elizabeth II selama prosesi.
  • 5.949 personel militer dikerahkan sejak pengumuman kematian di Kastil Balmoral. Mereka terdiri atas 4.416 personel angkatan darat, 847 angkatan laut, dan 686 angkatan udara. Selain itu, sekitar 175 personel angkatan bersenjata dari negara-negara persemakmuran ikut terlibat. Khusus untuk pemakaman dari Westminster Abbey hingga Wellington Arch kemarin, dikerahkan 1.650 personel militer.
  • 10 ribu orang lebih petugas kepolisian ditugaskan hanya untuk pengamanan pemakaman kemarin. Ribuan petugas berpakaian preman lainnya ditempatkan di antara kerumunan penduduk. Itu belum termasuk sniper dan petugas lainnya.
  • 1 juta orang diperkirakan mengunjungi London pada hari pemakaman. Ada 250 layanan kereta api tambahan untuk keluar masuk ibu kota.
  • 2 juta lebih orang diperkirakan berjajar di sepanjang area yang dilewati peti jenazah Ratu Elizabeth II. Sebanyak 125 bioskop akan buka untuk menyiarkan secara langsung acara pemakaman.
  • Rp 112,16 miliar perkiraan biaya hanya untuk pemakaman kenegaraan kemarin.

Sumber: BBC, USA Today

(jp)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.