Connect with us

Pemerintahan

Presiden Jokowi Tinjau Fasilitas dan Pelayanan Kesehatan di RSUD Bob Bazar di Lampung Selatan

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. H. Bob Bazar, SKM di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung pada Kamis, 11 Juli 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau fasilitas dan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat, khususnya peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Direktur RSUD Dr. H. Bob Bazar, Reny Indrayani, mengatakan bahwa rumah sakit tersebut merupakan rumah sakit tipe C yang menyediakan pelayanan besar dan beberapa spesialis lainnya. Di rumah sakit tersebut telah terdapat 26 tenaga dokter spesialis, namun masih memerlukan spesialis di beberapa bidang.

“Rumah sakit ini masih butuh dokter spesialis jantung, dokter saraf intervensi, dan dokter kanker yang belum kita memiliki,” ungkap Reny.

Reny berharap pemerintah dapat menambah fasilitas-fasilitas kesehatan di rumah sakit yang dipimpinnya. Rumah sakit ini, yang sebagian besar pasiennya adalah peserta BPJS, juga disebutnya mengalami keterbatasan kapasitas.

“Saya berharap bisa menambah fasilitas-fasilitas seperti yang tadi dan bisa menambah jumlah ruangan perawatan karena dari kunjungan per bulan untuk pasien rawat inap itu sekitar 400-500 pasien, sementara tempat tidur yang tersedia hanya 250. Jadi kami sering kelebihan, over kapasitas dari pasien,” jelasnya.

Dalam kunjungan tersebut, beberapa pasien RSUD, seperti Ruslinawati dan Syahrani, mengungkapkan rasa terima kasih mereka terhadap pelayanan BPJS yang telah banyak membantu masyarakat tidak mampu. “Alhamdulillah bagus (pelayanan BPJS). Saya merasa terbantu,” ujar Syahrani yang telah berobat di RSUD tersebut sejak tahun 2016.

Senada, Ruslinawati, juga mengungkapkan kepuasannya atas pelayanan RSUD dan BPJS. Namun, ia berharap pemerintah dapat meningkatkan RSUD di daerahnya dengan fasilitas dan peralatan kesehatan yang lebih lengkap.

“Kalau pelayanan cukup bagus, mungkin alat-alatnya yang harus ditambah ya karena memang kalau kita mau berobat yang penyakit berat harus ke Bandar Lampung kayak poli penyakit jantung kan belum ada di sini, jadi kita harus ke Bandar Lampung. Agak jauh juga, makan waktu juga,” ungkap Ruslinawati.

Dalam beberapa kesempatan mengunjungi rumah sakit di daerah, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya peningkatan fasilitas, pelayanan, dan sumber daya manusia (SDM) kesehatan di Indonesia. Kunjungan ini kembali menegaskan perhatian pemerintah pada pelayanan bidang kesehatan, utamanya di rumah-rumah sakit daerah.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan tersebut yaitu Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Pj. Gubernur Lampung Samsudin, dan Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto.

(rls)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *