Connect with us

Internasional

Terlalu Ikut Campur, Tiongkok Beri Sanksi untuk Pelosi dan Keluarganya

Published

on

Kabarpolitik.com – Kementerian luar negeri Tiongkok menjatuhkan sanksi terhadap Ketua DPR AS Nancy Pelosi setelah kunjungannya ke Taiwan. Kunjungannya dianggap sebagai langkah yang memicu kemarahan Tiongkok. Beijing menuduh politikus Demokrat itu mencampuri kedaulatan negara lain.

“Secara serius mencampuri urusan dalam negeri Tiongkok dan merusak kedaulatan dan integritas teritorial Tiongkok,” kata Kementerian Luar Negeri Tiongkok.

Beijing mengatakan Pelosi telah mengabaikan peringatan Tiongkok dan menentang keras kunjungannya ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu. Kementerian Tiongkok mengatakan pihaknya akan menjatuhkan sanksi pada Pelosi.

“Menjatuhkan sanksi dan keluarga dekatnya,” imbuh Kementerian Luar Negeri Tiongkok.

Partai Komunis Tiongkok mengatakan bahwa Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri dan demokratis adalah bagian dari wilayahnya dan berjanji suatu hari akan mengambilnya, jika perlu dengan paksa. Dengan demikian, Beijing menolak pemerintah asing yang memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan.

Meski tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan, AS tetap menjadi pendukung militer dan politik Taiwan. Tiongkok juga mengatakan pihaknya membatalkan atau menangguhkan dialog dengan AS terkait sejumlah masalah.

“Mulai dari perubahan iklim hingga hubungan militer dan upaya anti-narkoba sebagai pembalasan atas perjalanan Pelosi,” tegasnya.

Pemerintah di Beijing telah bereaksi dengan ancaman latihan militer sebelum dan sesudah kunjungan Pelosi. Tiongkok mengumumkan bahwa lebih dari 100 pesawat tempur dan 10 kapal perang telah mengambil bagian dalam latihan militer di sekitar Taiwan selama dua hari terakhir.

Kantor Berita resmi Tiongkok Xinhua mengatakan bahwa para pejuang, pembom, kapal perusak, dan fregat semuanya terlibat. Pada hari terakhir tur Asia di Jepang, Pelosi mengatakan bahwa AS tidak akan mengizinkan Tiongkok untuk mengisolasi Taiwan.

(jp)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.