Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [PENIPUAN] Akun Tiktok @jokowi83516 Berisi Konten Giveaway

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Tidak benar bahwa akun Tiktok @jokowi83516 yang berisi banyak konten giveaway ini adalah milik pihak Presiden Jokowi, akun yang mengatasnamakan Jokowi tersebut dapat diindikasi sebagai akun penipuan.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/dPGOs (arsip)

===========

[NARASI]:

SILAHKAN AMBIL HADIAH

👇👇👇

wa[dot]me/6285921715776

===========

[PENJELASAN]: 

Ditemukan sebuah akun Tiktok yang mengatasnamakan sebagai Presiden Jokowi dengan nama akun @jokowi83516. Dalam akun ini, ditemukan banyak konten yang berisi narasi bahwa ia akan memberikan uang jutaan rupiah.

Sebelumnya turnbackhoax.id sudah sering menemukan klaim yang mencatut nama Presiden Jokowi dengan klaim  bahwa ia akan memberikan bantuan uang senilai 50 juta dan juga klaim bahwa ia akan memberikan emas 24 karat sebagai THR lebaran 2024.

Pada deskripsi akun yang mengaku sebagai Presiden Jokowi ini juga menyertakan sebuah link WA bila ingin “mengambil” hadiah tersebut. Namun sama halnya dalam temuan-temuan sebelumnya, pencantuman link WA tersebut dapat dicurigai sebagai sarana untuk melakukan penipuan.

Media sosial resmi yang sejauh ini diketahui milik Presiden Jokowi hanyalah Instagram, Twitter, dan Facebook. Semua akun media sosial Presiden Jokowi tersebut juga sudah mendapatkan verifikasi yang mana menandakan keaslian akun tersebut.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.instagram.com/jokowi

https://twitter.com/jokowi

https://www.facebook.com/Jokowi

//platform.twitter.com/widgets.js//www.instagram.com/embed.js

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *