Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Akun Whatsapp Anggota DPRD Jabar Abdy Yuhana Meminta Sejumlah Dana

kabarpolitik.com

Published

on

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya pemilik nomor WA tersebut bukan Abdy Yuhana. Abdy juga mengimbau masyarakat untuk mengabaikan pesan yang mengatasnamakan dirinya dengan meminta dana atau bantuan lainnya.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====

[KATEGORI]:
IMPOSTER CONTENT/Konten Tiruan

=====

[SUMBER]
WHATSAPP

=====

[NARASI]:

No. Whatsapp
082246651852

A: Assalamualaikum. Pagi mbak. Apa kabarnya mbak
B: Waallaikumsalam. Ini dengan siapa.
A: Abdy mbak
B: Adby mana ya. Ga kenal

=====

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah pesan Whatsapp yang mengatasnamakan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Barat (DPRD Jabar) Abdy Yuhana. Akun Whatsapp dengan profil foto Abdy Yuhana ini mengirimkan pesan untuk meminta sejumlah uang dan menawarkan jasa bisnis kepada penerima pesan.

Namun setelah dilakukan penelusuran, pesan WA itu adalah hoaks. Melansir dari media PRFM, Abdy Yuhana menyebut aksi penipuan mengatasnamakan dirinya itu sudah berlangsung beberapa hari belakangan ini.

“Disampaikan bahwa itu tidak benar, karena yang bersangkutan mencatut foto dan berupaya melakukan tindakan penipuan,” jelas Abdy Yuhana.

Melalui akun Instagram pribadinya Abdy juga telah mengklarifikasi bahwa pesan tersebut tidak benar. Abdy Yuhana pun mengimbau kepada masyarakat untuk segera memblokir nomor WhatsApp yang meminta uang dengan mengatasnamakan dirinya.

Jadi pesan Whataspp dengan mencatut nama anggota DPRD Jabar, Abdy Yuhana yang meminta uang ataupun permintaan lainnya adalah hoaks kategori Imposter content atau konten tiruan.

=====

[REFERENSI]:

https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-131438253/hati-hati-aksi-penipuan-mengatasnamakan-anggota-dprd-jabar-abdy-yuhana

http://cirt.bulelengkab.go.id/verifikasi/detail/2192-pesan-whatsapp-mengatasnamakan-anggota-dprd-jabar-abdy-yuhana

Editor: Bentang Febrylian

Sumber: turnbackhoax.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *