Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Anies Baswedan Berbicara dengan Lukisan Orang Tidur yang Tidak Dikenal

Published

on

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video asli Anies berbicara di depan lukisan merupakan dialog imajinernya dengan lukisan Bung Hatta saat dirinya berkunjung ke rumah kelahiran Bapak Proklamator Indonesia tersebut di Bukit Tinggi pada 2 November 2023. Lukisan dalam video tersebut sudah dimanipulasi dengan foto orang lain.

= = =

Kategori: Satire/Parodi

= = =

Sumber: TikTok

https://archive.ph/BCkKs

= = =

Narasi:

“#anisngomongsamalukisan”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video yang menunjukkan Anies Baswedan sedang berbicara dengan lukisan beredar kembali, namun terlihat lukisan tersebut adalah seseorang yang sedang tidur dan tidak dikenal.

Setelah ditelusuri video tersebut adalah hasil manipulasi. Video asli menunjukkan Anies Baswedan sedang berdialog imajiner dengan lukisan Bung Hatta, video tersebut diambil pada 2 November 2023 di Bukit Tinggi. Diketahui lukisan tersebut berada di Rumah Kelahiran Bung Hatta.

Dilansir dari Liputan6.com yang dipublikasi pada 4 November 2023, Anies Baswedan sempat mengunggah video tersebut di laman Instagram pribadinya. Dalam dialog imajinernya dengan lukisan Bung Hatta, Anies membahas mengenai keadilan dan kesejahteraan serta kondisi negeri pada saat ini.

Dengan demikian, Anies berbicara dengan lukisan orang yang tidak dikenal adalah tidak benar dengan kategori Satire/Parodi.

= = =

Referensi:

https://www.liputan6.com/news/read/5444393/anies-dialog-imajiner-ke-bung-hatta-negara-kondisinya-sedang-tidak-baik-baik-saja?page=4

https://www.instagram.com/reel/CzIt-mvyM7j/

https://www.instagram.com/medantalkviral/reel/C3w6t6Lr8m3/

= = =

//www.instagram.com/embed.js

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *