Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] AS Ancam Warganya Jika Tolak Ikut Perang Melawan Rusia

Published

on

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan klaim bahwa Amerika Serikat memberi ancaman penjara bagi warganya yang tolak ikut perang melawan Rusia adalah konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya menyunting artikel milik Kompas TV yang berjudul “Negara Tetangga Rusia Ancam Warganya Jika Ikut Perang di Ukraina, Bakal Dihukum Penjara”

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1678325476.435099/singlefile.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “KETERLALUAN DI LUAR NALAR!!AKIBAT TOLAK PERANG, DENGAN ANGKUHNYA AS S1KSA WARGANNYA HINGGA BEGINI.”

=======

[PENJELASAN]:

Channel YouTube DUNIA BERITA (https://www.youtube.com/@duniaberita2029) pada 5 Maret 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa pemerintah Amerika Serikat memberikan ancaman hukuman penjara kepada warganya yang menolak ikut perang melawan Rusia. Ancaman tersebut muncul tak lama setelah Moskow membuka pusat rekrutmen militer untuk pasukan asing. Berbagai penolakan dan unjuk rasa pun terjadi di beberapa kota di Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden mengumumkan ancaman tersebut.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya narasi yang dibacakan dalam unggahan tersebut merupakan hasil suntingan dari artikel milik Kompas TV (https://www.kompas.tv/). Artikel asli dengan judul “Negara Tetangga Rusia Ancam Warganya Jika Ikut Perang di Ukraina, Bakal Dihukum Penjara” telah diunggah pada Senin, 26 September 2022. Dalam artikel asli tersebut tertulis bahwa pemerintah tiga negara tetangga Rusia yakni Kazakhstan, Kirgizstan, dan Uzbekistan memperingatkan warganya untuk tidak ikut berpartisipasi dalam perang Rusia-Ukraina. Pemerintah ketiga negara itu pun juga memberikan ancaman penjara bagi warga mereka yang nekat ikut berperang di Ukraina.

Artikel asli milik Kompas TV

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh DUNIA BERITA merupakan konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.tv/article/332115/negara-tetangga-rusia-ancam-warganya-jika-ikut-perang-di-ukraina-bakal-dihukum-penjara

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *