Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Australia Paksa Indonesia Sewakan Pangkalan Militernya Untuk Serang China

Published

on

Informasi menyesatkan. Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel yang membahas pendapat pengamat soal hubungan Australia dan Indonesia. Sementara, videonya menampilkan pidato Joe Biden dan Jokowi soal kerja sama antarnegara, tetapi konteksnya tidak saling berkaitan.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: FACEBOOK (https://s.id/1TQFd)

======

[NARASI]:

“AUSTRALIA PAKSA NKRI SEWAKAN PANGKALAN MILITERNYA TUK SERANG CHINA DUNIA WARNING INDONESIA | AUSTRALIA PAKSA NKRI SEWAKAN PANGKALAN MILITERNYA TUK SERANG CHINA DUNIA WARNING INDONESIA”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Facebook bernama Cristal Lowe mengunggah video berdurasi 10 menit dengan narasi klaim bahwa Australia memaksa NKRI menyewakan pangkalan militernya untuk menyerang China.

Berdasarkan penelusuran, pada isi video tersebut terdapat beberapa cuplikan seperti Presiden Amerika Serikat, Joe Biden saat berpidato, ada pula video Jokowi sedang berpidato dan video pasukan milter Indonesia.

Menggunakan mesin pencarian gambar, ditemukan bahwa cuplikan-cuplikan tersebut diambil dari dua kejadian yang berbeda dan tidak saling berkaitan.

Video Biden diambil usai pertemuan dengan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese di Naval Base Point Loma, San Diego, pada 13 Maret 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Biden mengumumkan rencana mengirimkan kapal selam bertenaga nuklir ke Australia, sebagai bagian dari kemitraan AUKUS
Sementara, video Jokowi terdapat di kanal YouTube Sekretariat Presiden. Jokowi menghadiri rangkaian Annual Leaders Meeting (ALM) di Taronga Center, Sydney pada 4 Juli 2023.

Jokowi merespons pernyataan Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese, sekaligus mengapresiasi kerja sama di bidang ekonomi, keamanan, dan energi hijau.

Sementara itu, narator dalam video membacakan artikel dari situs Zona Jakarta, 21 Juli 2023. Artikel itu membahas pendapat Sam Roggeveen dari Lowy Institute Australia soal hubungan Australia dan Indonesia.

Namun pendapat dari pengamat tidak dapat diartikan sebagai paksaan atau pernyataan resmi dari pemerintah Australia. Sejauh ini, tidak terdapat informasi valid soal pemaksaan pihak Australia kepada Indonesia terkait penyewaan pangkalan militer.

======

REFERENSI:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/09/13/153300982/-hoaks-australia-paksa-indonesia-sewakan-pangkalan-militer?page=all

https://abcnews.go.com/Politics/biden-uk-australian-prime-ministers-tout-deal-nuclear/story?id=97833040

https://www.zonajakarta.com/internasional/6739546188/pakar-australia-suruh-negaranya-sewa-pangkalan-militer-indonesia-buat-serang-china

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *