Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] BILLBOARD BERTULISKAN “CEASEFIRES ARE ANTI-SEMITIC”

Published

on

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya, tulisan pada papan iklan tersebut hanya berbunyi, BE HUMAN, STAND FOR ISRAEL”.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MANIPULATED CONTENT/Konten Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: X
https://archive.fo/jIX2Q

=====
[NARASI]:

“Yes all ceasefires”

=====
[PENJELASAN]:

Sebuah gambar yang memperlihatkan tulisan “CEASEFIRES ARE ANTI-SEMITIC” pada sebuah papan iklan, tengah viral melalui media sosial X. Salah satunya adalah akun bernama @MyLordBebo yang turut membagikan gambar tersebut pada 1 Januari 2024 lalu. Tampak pula di dalam gambar yang beredar, sebuah tulisan lain yang berbunyi, “BE HUMAN, STAND FOR ISRAEL”.

Namun setelah melakukan penelusuran mengenai gambar yang viral tersebut, didapati informasi yang menunjukkan sebuah fakta yang berbeda. Melansir dari artikel periksa fakta factcheck.afp.com, diketahui bahwa gambar tersebut merupakan gambar hasil editan.

Dengan menggunakan Reverse Image Search, ditemukan sebuah tautan yang akan mengarahkan pada cuitan milik akun @IsraelInNewYork pada 19 Oktober 2023 lalu. Di dalam unggahan tersebut, terdapat gambar papan iklan yang serupa dengan gambar yang tengah viral tersebut, namun tidak ditemukan tulisan dengan bunyi, “CEASEFIRES ARE ANTI-SEMITIC”. Di dalam gambar tersebut hanya terdapat tulisan “BE HUMAN, STAND FOR ISRAEL”.

Gambar tersebut diambil ketika ribuan orang berkumpul di ibu kota keuangan AS untuk menyatakan solidaritas terhadap Israel dan para sandera yang diculik oleh militer Palestina. Pemimpin Mayoritas Senat AS, Chuck Schumer, menjadi salah satu pembicara pada acara tanggal 19 Oktober, yang diselenggarakan oleh Israeli American Council (IAC) dan disebut sebagai unjuk rasa “Bring Them Home Now”.

Jadi dapat disimpulkan, gambar papan iklan dengan tulisan “CEASEFIRES ARE ANTI-SEMITIC” yang beredar melalui media sosial X, merupakan sebuah konten dengan kategori manipulated content atau konten yang dimanipulasi.

=====
[REFERENSI]:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.349F63P

https://www.forbes.com/sites/mattnovak/2023/10/25/viral-photo-of-billboard-with-ceasefires-are-anti-semitic-is-fake/amp/

=====

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *