Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Bunga Kitolod dapat Mengobati Gangguan Mata Mulai dari Mata Minus hingga Katarak

Published

on

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada)

Informasi salah. Dokter Spesialis Mata dari RS Mata JEC dr Florence Meilani Manurung menegaskan, katarak hanya bisa disembuhkan dengan operasi (phacoemulsification). Sementara, mata minus melalui lasik.

=====
[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====
[NARASI]:
“Bunga Kitolod untuk mata minus
Bunga kitolod merupakan jenis tanaman liar yang mudah ditemukan di berbagai tempat.
Tanaman dengan nama ilmiah Isotomo longiflora ini disebut memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.
Kandungan dari ekstrak daun kitolod di antaranya adalah Alkaloid, Flavonoid, dan Saponin
Dengan berbagai kandunga tersebut, tak heran jika banyak orang yang menggunakannya sebagai tanaman obat, terutama pengobatan mata.
Bunga kitolod dipercaya dapat mengobati gangguan mata mulai dari mata minus hingga katarak.”

=====
[SUMBER]: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1678843624.721277/singlefile.html

=====
[PENJELASAN]:

Sebuah informasi tentang pengobatan mata menggunakan bunga Kitolod atau Isotomo longiflora disebarluaskan melalui grup facebook oleh akun Muhamad Husni. Klaim tersebut menyebutkan bahwa Bunga Kitolod dapat mengobati ganggun mata mulai dari mata minus hingga katarak.

Berdasarkan penelusuran, dikutip dari Kompas.com Dokter Spesialis Mata dari RS Mata JEC dr Florence Meilani Manurung menegaskan, katarak hanya bisa disembuhkan dengan operasi (phacoemulsification). Sementara, mata minus melalui lasik.

Melansir alodokter.com dr. Singgih E Prasetyo juga menjelaskan bahwa hal ini belum didukung secara cukup memadai oleh penelitian. Masih perlu dilakukan pengujian dan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut.Mata minus atau dikenal sebagai rabun jauh ( miopi) ditangani dengan kacamata, soft lense,dan juga dengan pembedahan/operasi LASIK menggunakansinar laser. dr Singgih juga menghimbau untuk menghindari penggunaan obat tertentu secara mandiri terutama jika belum jelas keamanannya.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim Bunga Kitolod dapat mengobati gangguan mata adalah keliru dan termasuk dalam konten yang menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/15/203500665/-hoaks-bunga-kitolod-dapat-mengobati-katarak-mata-minus-plus-dan-tumor-mata?

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/manfaat-bunga-kiloid

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *