Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Detik-detik Bulan Ditabrak oleh Asteroid

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya video tersebut merupakan hasil manipulasi visual oleh seorang bernama Diego Sinclair yang diunggah di Youtube pada 25 Februari 2023 lalu.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: Youtube https://arsip.cekfakta.com/archive/1719128066.333048/index.html (arsip)

===========

[NARASI]:

Asteroid menabrak bulan terekam

===========

[PENJELASAN]: 

Kembali ditemukan sebuah video di Youtube yang menyebarkan klaim jika sebuah asteroid menabrak Bulan hingga menyebabkan ledakan yang cukup besar pada permukaan Bulan.

Sebelumnya di turnbackhoax.id juga menemukan beberapa klaim serupa tentang asteroid yang menabrak Bulan ini, klaim sebelumnya beredar di beberapa akun Facebook dan ada juga di Tiktok.

Berdasarkan hasil pencarian gambar, video tersebut berasal dari video yang diunggah oleh seorang animator visual 3 dimensi bernama Diego Sinclair. Ia telah mengunggah video tersebut di channel Youtubenya sedari 25 Februari 2023 yang lalu.

Jika kita lihat, channel Youtube Diego Sinclair memang sering mengunggah beberapa video visual 3 dimensi yang lain.

Di videonya tersebut pemilik channel Youtube Diego Sinclair ini juga memberikan beberapa penjelasan di balasan komentar Youtubenya yang membenarkan jika video yang dirinya unggah tersebut hanyalah editan. Berikut hasil tangkapan layarnya:

(ini hanya editan, tetapi ledakan dari dampak dari ledakan memang terjadi di bulan, saya yakin NASA bisa menjelaskannya lebih baik dari saya)

(ini hanya editan, ledakan aslinya tidak seperti ini)

Melalui hasil temuan tersebut maka dapat disimpulkan jika video yang beredar mengenai sebuah asteroid yang menabrak bulan adalah hasil manipulasi.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/shorts/KDUX73ZAATw

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *