Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Dua Ekor Cacing Pra-Sejarah Berhasil Dihidupkan Kembali oleh Peneliti Asal Rusia

kabarpolitik.com

Published

on

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Informasi yang salah. Faktanya, dua ekor cacing pra-sejarah tidak berhasil dihidupkan kembali, melainkan sel-sel dari cacing pra-sejarah tersebut digabungkan dengan sel udang masa kini dalam rangka riset sel induk guna menciptakan sel yang mampu beradaptasi dengan kondisi hidup yang ekstrem.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.vn/QLlu9

= = = = =

NARASI:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“Sekelompok peneliti asal Rusia telah berhasil mencairkan beberapa cacing pra-sejarah yang terjebak di dalam es dan dua di antaranya berhasil hidup kembali. Setelah beberapa saat, dua ekor cacing pra-sejarah tersebut bergerak dan makan. Satu ekor cacing berusia 32,000 tahun dan satu ekor yang lain berusia 41,700 tahun.”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Twitter StrangeFactoid mengunggah sebuah informasi (24/10) yang menyatakan bahwa dua ekor cacing pra-sejarah telah berhasil dihidupkan kembali oleh sekelompok peneliti asal Rusia. Dua ekor cacing tersebut masing-masing berusia 32,000 tahun dan 41,700 tahun.

Berdasarkan hasil penelusuran, dua ekor cacing pra-sejarah tersebut tidak dihidupkan kembali, melainkan sel-sel dari cacing pra-sejarah tersebut digabungkan dengan sel udang masa kini. Proses penggabungan tersebut kemudian menyebabkan sel dari cacing pra-sejarah kembali aktif. Melansir dari The Siberian Times, proses penggabungan sel tersebut merupakan bagian dari kerjasama riset dengan Universitas Princeton, Amerika Serikat, guna menciptakan sel yang mampu beradaptasi dengan kondisi hidup yang ekstrem.

Dengan demikian, informasi yang diunggah oleh pengguna Twitter StrangeFactoid tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://siberiantimes.com/science/casestudy/news/worms-frozen-in-permafrost-for-up-to-42000-years-come-back-to-life/
https://www.smithsonianmag.com/smart-news/ancient-roundworms-allegedly-resurrected-russian-permafrost-180969782/
https://twitter.com/martymoogle/status/1319525009119834112

//platform.twitter.com/widgets.js

Sumber: turnbackhoax.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *