Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Foto “Akhirnya Resmi Ditahan Hari Ini, Jokowi Naik Pitam Lakukan Ini Pada Rocky Gerrung”

Foto editan. Foto yang menampilkan Rocky Gerung mengenakan baju tahanan di video itu merupakan foto hasil manipulasi dari foto saat pelaku pemerkosa anak berkebutuhan khusus dihadirkan di konferensi pers di Mapolresta Sidoarjo pada 19 April 2022.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Facebook Ailyn Zoila (fb.com/100068156016208) pada 11 September 2023 mengunggah sebuah video yang menampilkan foto Rocky Gerung mengenakan baju tahanan dengan narasi:

“MENGE-N4SK4N NASIB ROCKY GERRUNG BERBUNTUT PANJANG ATAS B4JI-NG-4N-NYA T0-L0L.”

Di video tersebut juga terdapat narasi: “AKHIRNYA….. RESMI DITAHAN HARI INI JOKOWI NAIK PITAM LAKUKAN INI PADA ROCKY GERRUNG”

Sumber: archive.ph/oWpA0 (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Bredasarkan hasil penelusuran, adanya video yang menampilkan foto Rocky Gerung mengenakan baju tahanan dengan narasi bahwa Rocky Gerung resmi ditahan pada 11 September 2023 merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, foto itu merupakan foto editan. Foto yang menampilkan Rocky Gerung mengenakan baju tahanan di video itu merupakan foto hasil manipulasi dari foto saat pelaku pemerkosa anak berkebutuhan khusus dihadirkan di konferensi pers di Mapolresta Sidoarjo pada 19 April 2022.

Foto yang asli dimuat di artikel berita berjudul “Biadab! Pria Ini Tega Cabuli-Perkosa Anak Berkebutuhan Khusus di Sidoarjo” yang terbit di situs detik.com pada 19 April 2022. Wajah Rocky Gerung ditempel ke wajah pelaku pemerkosaan tersebut.

REFERENSI
https://www.detik.com/jatim/hukum-dan-kriminal/d-6041031/biadab-pria-ini-tega-cabuli-perkosa-anak-berkebutuhankhusus-di-sidoarjo

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *