Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Foto Perpustakaan Besar yang Terbengkalai

Published

on

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Foto tersebut merupakan hasil buatan AI oleh seniman dan fotografer Francis Meslet, bukan perpustakaan sungguhan.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/anAVi

=====

Narasi:
“An abandoned forgotten library”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @abandoned5paces (Abandoned Places) mengunggah foto yang memperlihatkan sebuah perpustakaan besar dengan atap terbuka, yang diklaim sebagai perpustakaan lama yang terbengkalai. Cuitan dan gambar yang diunggah pada 19 Mei tersebut telah disukai oleh 486 orang, dibagikan dan dikutip ulang lebih dari 50 kali, serta telah dilihat hampir 100,000 kali.

Setelah dilakukan penelusuran dengan Google Reverse Image Search, foto tersebut pernah diunggah di Instagram oleh fotografer dan seniman bernama Francis Meslet pada 3 Maret 2023. Pada kolom penjelasan unggahan tersebut, terdapat tagar #aiartists, #digitalpainting, dan #aiartwork. Terlebih lagi, Francis Meslet telah banyak membuat dan mengunggah foto-foto perpustakaan dengan tema serupa yang dibuat dengan teknologi AI.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @abandoned5paces (Abandoned Places) merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.instagram.com/p/CpS544dM_xK/

https://platform.instagram.com/en_US/embeds.js

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *