Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Foto Proyek IKN Baru Dimulai

Published

on

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Foto tersebut bukan di wilayah pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Kalimantan. Faktanya, foto tersebut adalah para pekerja yang membangun jalan di Kabupaten Pinguang, provinsi Hunan, China.

[KATEGORI]
Satire

[SUMBER]
Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1693239864.861163/index.html

[NARASI]
“Proyek IKN Baru dimulai”

[PENJELASAN]
Beredar sebuah foto dengan klaim kondisi pembagunan Ibu Kota Negara (IKN) Kalimantan yang baru dimulai. Foto itu menunjukkan adanya aktivitas pekerja bangunan yang bekerja di atas tebing. Tampak ada dua orang memakai helm kuning yang sedang mengangkat papan untuk membuat jalan. Faktanya, foto tersebut bukan terjadi di IKN.

Berdasarkan pencarian Google Image Search, ditemukan foto yang identik dengan pekerja bangunan berhelm kuning itu. Aslinya, foto itu diambil di Kabupaten Pinguang, provinsi Hunan, China. Foto aslinya dapat dilihat pada laman chinadaily.com. Foto tersebut diunggah pada tahun 2015. Dalam artikel dijelaskan, para pekerja membangun jalan pegunungan di atas tanah. Saat bekerja mereka tidak memakai tali atau pengaman lainnya. Orang-orang ini menjalani hari-hari mereka dengan mengangkut papan-papan berat dan gerobak dorong penuh semen di atas jalan kayu yang bagus.

Sedangkan untuk pembangunan IKN, dilansir dari detik.com baru berlangsung tahap 1. Proses konstruksi infrastruktur dasar ini Tahap sudah mencapai 38,1%. Pada tahap ini pemerintah baru membangun infrastruktur dasar termasuk bangunan kantor pemerintahan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

[REFERENSI]
https://youtu.be/aFvr9sbVfJY?si=3Cs1vCY8C6lqpFBy
https://usa.chinadaily.com.cn/china/2015-04/14/content_20429653.htm
https://www.google.com/amp/s/finance.detik.com/infrastruktur/d-6882078/pembangunan-ikn-nusantara-sudah-sampai-mana-begini-progres-terbarunya/amp

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *