Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Gempa 10.9 SR Mengguncang Jakarta

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim bahwa telah terjadi gempa dahsyat berkekuatan 10.9 SR mengguncang Jakarta. Faktanya hal tersebut tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Koneksi Yang Salah

====

[SUMBER]:
Youtube: https://archive.cob.web.id/archive/1684887788.057019/singlefile.html

====
[NARASI]:
“BARU SAJA GEMPA 10,9 SR GUNCANG JAKARTA HINGGA M4Y4T BERGELIMPANGAN”

====

[PENJELASAN]:
Pada 19 Mei 2023 sebuah channel youtube dengan nama CCTV Bencana (https://www.youtube.com/@Cctvbencana12) mengunggah sebuah video dengan klaim telah terjadi gempa bumi berkekuatan 10.9 SR di Jakarta pada 19 Mei 2023 hingga mengakibatkan ribuan korban jiwa.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, apa yang disampaikan pada klaim judul dan thumbnail tidak sesuai dengan apa yang disampaikan di dalam video. Hal tersebut dikarenakan pengunggah justru menyampaikan terkait bencana gempa bumi berkekuatan 5.8 SR yang terjadi di Sukabumi, Jawa Barat pada 8 Desember 2022 lalu yang terasa hingga Jakarta. Bahkan menurut informasi yang disampaikan oleh BMKG tidak terdapat laporan kerusakan dan korban jiwa akibat gempa di Sukabumi tersebut.

Tak hanya itu, potongan video gempa bumi yang digunakan di dalam konten tersebut juga bukanlah rekaman disaat terjadinya gempa di Jakarta. Contohnya saja seperti pada menit ke 3:36 yang merupakan potongan gempa yang terekam cctv di Turkey 3 bulan lalu yang diunggah oleh akun youtube Haber Lutfen (https://www.youtube.com/@HaberLutfen).

Contoh lain juga dapat dilihat pada menit ke 5:26 yang merupakan rekaman gempa bumi berkekuatan 6.9 SR yang terjadi di Filipina pada 15 Desember 2019 lalu.

Oleh sebab itu, video dengan klaim telah terjadi gempa bumi berkekuatan 10.9 SR di Jakarta merupakan konten yang tidak benar.
==========

[REFERENSI]
[1] https://www.youtube.com/watch?v=3EthnhWAlr4
[2] https://www.youtube.com/watch?v=41lxm2xCD5M
[3] https://www.dw.com/id/gempa-terasa-di-jakarta-bersumber-di-sukabumi/a-64023909

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *