Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Gibran Batal Jadi Cawapres, Prabowo Mulai Panik

Published

on

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Konten yang dimanipulasi. Tidak ada informasi valid yang mendukung klaim bahwa Gibran batal menjadi cawapres yang akan mendampingi Prabowo Subianto.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1698680472.59868/index.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “”GEGER MALAN INI || GIBRAN BATAL JADI CAWAPRES, PRABOWO MULAI PANIK BISA2 NG4MUK KE JOKOWI”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube Kabar News mengunggah video dengan klaim bakal calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju, Gibran Rakabuming Raka, batal maju di Pilpres 2024. Hal ini disebut membuat bakal calon presiden Prabowo Subianto menjadi panik dan bisa mengamuk kepada Presiden Joko Widodo. Klaim ini didukung dengan gambar pratinjau yang menampilkan foto kebersamaan Gibran dan Prabowo.

Namun setelah ditelusuri, foto gambar pratinjau tersebut adalah hasil manipulasi. Foto aslinya bisa dilihat pada artikel Detik dengan judul “Resmi Jadi Kader PDIP, Gibran Akan Ambil Formulir Bakal Cawalkot Solo.” Pada foto aslinya, tidak ada sosok Prabowo yang berdiri berdampingan dengan Gibran.

Selain itu, narasi yang dibacakan dalam video tidak menjelaskan tentang klaim yang disebutkan sebelumnya. Narator hanya membacakan ulang artikel yang diunggah oleh Kompas dengan judul “Pencalonan Gibran Belum Aman.”

Artikel tersebut berisi opini yang menilai pencalonan Gibran sebagai cawapres belum sepenuhnya aman. Selain karena adanya keputusan MK terkait syarat calon presiden dan wakil presidenyang dinilai kontroversial, ada pula sejumlah faktor dan proses berjalan yang dapat berimplikasi pada legalitas pencalonannya.

Sebelumnya klaim batalnya Gibran mencalonkan cawapres ini pernah beredar, namun hingga saat ini tidak ada pemberitaan dari media yang kredibel mengenai klaim ini. Sehingga video yang beredar tersebut dapat dikategorikan sebagai konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *