Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Jepang Mengirimkan Tumpukan Kertas Origami Bangau ke Turki Setelah Gempa Bumi

Published

on

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya kedua foto kumpulan kertas origami berbentuk bangau yang diklaim dikirim oleh Jepang ke Turki setelah gempa bumi merupakan foto lama yang sudah lama beredar di internet sejak 2014 dan 2012. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/NKwLZ

= = =

Narasi:

“Bangau kertas dikirim oleh orang Jepang ke Turki”

= = =

Penjelasan:

Beredar postingan di Facebook yang menunjukkan foto kumpulan kertas origami yang sudah berbentuk bangau, foto tersebut diklaim merupakan pemberian Jepang kepada Turki setelah gempa bumi yang melanda Turki pada 6 Februari 2023.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, foto yang dibagikan tersebut merupakan foto lama yang sudah dipublikasi sejak 2014 dan 2012. Foto pertama merupakan kumpulan kertas origami bangau dari Hiroshima setelah acara doa bersama di sekitar Taman Paper Cranes and Children’s Peace Monument, kertas-kertas origami bekas tersebut dikumpulkan untuk didaur ulang oleh NGO bernama “Thousand Crane Factory Project for a Hopeful Future”. Foto pertama ini telah dipublikasi melalui muruku.co.jp sejak 13 Juni 2014.

Kemudian foto kedua merupakan merupakan kumpulan kertas origami bangau dari Himeyuri Peace Museum di Okinawa sedang diangkut untuk dibawa ke Hiroshima agar nantinya didaur ulang juga, foto kedua ini telah dipublikasi sejak 30 November 2012 pada web yang sama. Kedua foto dalam postingan tersebut sama sekali tidak ada kaitannya dengan bantuan Jepang kepada Turki setelah gempa yang melanda Turki hingga Suriah.

Dengan demikian, Jepang mengirimkan tumpukan kertas origami bangau ke Turki setelah gempa merupakan hoaks dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33987MP

https://muruku.co.jp/mirai/project_e.php

https://muruku.co.jp/mirai/news.php?date=2014-06-13

https://senbaduru.com/news.php?ID=142

===

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *