Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] “JIKA ANDA DIGIGIT ULAR COBRA JANGAN PANIK, TUMBUKAN KUNYIT, SELEDRI DAN MINYAK KAYU PUTIH OLESKAN KEBAGIAN YANG DIGIGIT DAN DIBUNGKUS SELURUH TUBUH DENGAN KAIN KAFAN”

Published

on

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang menyesatkan. Faktanya. tidak ada bukti yang membenarkan bahwa mengatasi gigitan ular dengan hanya membuat ramuan dari tumbukan kunyit, seledri, dan minyak kayu putih. Cara yang tepat saat terkena gigitan ular adalah imobilisasi, yakni membuat bagian tubuh yang tegigit agar tidak bergerak sepenuhnya.

=====

[KATEGORI] PARODI

=====

[SUMBER] FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1674228725.037677/singlefile.html

=====

[NARASI
GIGITAN ULAR DAPAT DIATASI DENGAN TUMBUKAN KUNYIT, SELEDRI DAN MINYAK KAYU PUTIH DAN DIBUNGKUS DENGAN KAIN KAFAN

=====

[PENJELASAN]
Sebuah akun Facebook dengan nama “Rosi Si Bolang” mengunggah gambar dengan narasi mengatasi gigitan ular dengan hanya membuat ramuan dari tumbukan kunyit, seledri, dan minyak kayu putih dan dibungkus dengan kain kafan.

Setelah melakukan penelusuran, menurut pakar gigitan ular dan teksikologi, Tri maharani menyampaikan pertolongan pertama yang tepat saat terkena gigitan ular adalah imobilisasi, yakni membuat bagian tubuh yang tergigit ular agar tidak bergerak sepenuhnya.

Dengan demikian, unggahan Facebook dengaan klaim mengatasi gigitan ular hanya dengan membuat ramuan yang terbuat dari tumbukan kunyit, seledri, dan minyak kayu putih dan dibungkus dengan kain kafan, merupakan informasi yang salah.

=====

[REFERENSI]
https://www.klikdokter.com/info-sehat/kesehatan-umum/pertolongan-pertama-pada-korban-gigitan-ular
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/01/20/173000782/-hoaks-atasi-gigitan-ular-dengan-ramuan-dan-dibalut-kafan

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *