Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Jokowi Didemo di Jerman

Published

on

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Bukan demo yang ditujukan kepada Jokowi. Demo tersebut ditujukan untuk menuntut para pemimpin negara anggota G7 untuk berkomitmen dalam mengatasi krisis dunia berupa invasi Rusia ke Ukraina, perubahan iklim, serta krisis energi dan makanan.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.ph/2FAbo

= = = = =

NARASI:

“JOKOWI DILUAR NEGERIPUN DI DEMO

#PresidenBebekLumpuh

#PresidebBebekLumpuh

🆘🆗

Mampus lho…?!”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Twitter dengan nama pengguna “Ardiesuhardi1” mengunggah sebuah tautan dari babe[dot]news yang meliput terkait demo besar di Jerman. Unggahan tersebut juga disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa demo tersebut ditujukan kepada Jokowi.

Berdasarkan hasil penelusuran, demo tersebut bukan merupakan demo yang ditujukan kepada Jokowi. Demo tersebut ditujukan untuk menuntut para pemimpin negara anggota G7 untuk berkomitmen dalam mengatasi krisis dunia berupa invasi Rusia ke Ukraina, perubahan iklim, serta krisis energi dan makanan. Adapun ketujuh negara anggota G7 adalah Amerika Serikat, Britania Raya, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, dan Jepang.

Lebih lanjut, artikel yang disertakan dalam twit oleh pengguna Twitter “Ardiesuhardi1” tidak menyatakan bahwa demo yang dilakukan ditujukan kepada Jokowi. Artikel tersebut menjelaskan tuntutan dari 20.000 demonstran Jerman ditujukan untuk menuntut tindakan nyata dari G7.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “Ardiesuhardi1” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.aljazeera.com/news/2022/6/25/protesters-trickle-into-munich-as-g-7-set-to-convene-in-germany

https://www.reuters.com/world/europe/hundreds-protest-climate-justice-g7-leaders-meet-bavaria-2022-06-26/

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.