Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] “JOKOWI PERINTAHKAN KAPOLRI UNTUK PENJARAKAN GANJAR”

Published

on

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya judul, isi video dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Jokowi perintah Kapolri untuk penjarakan Ganjar.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1681318588.746286/singlefile.html

=====

[NARASI]: ATAS PER1NTAH JKW :bangbang: KAPOLRI J3MPUT P4KSA GANJAR GEG4RA HAL INI…

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Facebook dengan nama pengguna “Doa Ibu” mengunggah video dengan klaim Jokowi perintahkan Kapolri untuk penjarakan Ganjar.

Setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Melansir dari Kompas.com salah satu klip yang menampilkan mantan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Edy Rahmayadi identik dengan video di kanal YouTube Kompas TV dengan judul “Tanggapan Eks Ketum PSSI Edy Rahmayadi soal Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20”.

Dalam video itu Edy meminta kepada pihak pengambil keputusan untuk lebih bijaksana dalam bersikap supaya tidak ada lagi tambahan hukuman dari FIFA. Hal itu Edy sampaikan setelah status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 dicabut.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa Jokowi perintahkan Kapolri untuk penjarakan Ganjar adalah salah  dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/04/12/145500982/hoaks-jokowi-jebloskan-ganjar-ke-penjara?page=2
https://www.youtube.com/watch?v=_JCMi1EgAIY

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *