Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Mahfud MD Resmi Jadi Pimpinan Ponpes Al Zaytun

Informasi menyesatkan. Judul konten tidak sesuai dengan isi video. Narator hanya membahas pernyataan Mahfud soal keberlangsungan proses pendidikan di Ponpes Al Zaytun setelah Panji Gumilang ditetapkan menjadi tersangka.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: YOUTUBE (https://archive.fo/VHqyh)

======

“GEMPAR || MAHFUD MD RESMI PIMPIN AL-ZAYTUN GANTIKAN PANJI GUMILANG, LANGSUNG DISAMBUT RIBUAN SANTRI”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah kanal Youtube bernama GARUDA NEWS mengunggah video dengan klaim bahwa Menkopolhukam, Mahfud MD resmi menjadi pimpinan pondok pesantren Al Zaytun menggantikan Panji Gumilang.

Berdasarkan hasil penelusuran, judul dan isi dari video berdurasi 8 menit tersebut sama sekali tidak sesuai. Narator hanya membacakan artikel di laman Warta Kota ini berjudul “Panji Gumilang Ditetapkan Tersangka, Mahfud MD Jamin Pendidikan di Ponpes Al Zaytun Tetap Berjalan”.

Artikel tersebut memuat pernyataan Mahfud yang mengatakan pemerintah akan menjamin keberlangsungan proses pendidikan di Ponpes Al Zaytun meski Panji Gumilang ditetapkan menjadi tersangka.

Sementara itu terkait foto sampul yang digunakan pada video tersebut identik dengan foto di laman Investigasi Bhayangkara.com.

Gambar tersebut adalah momen ketika Mahfud bersilaturahmi ke Ponpes Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, pada Sabtu (22/4/2023).

======

REFERENSI:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/08/04/181900382/-hoaks-mahfud-md-resmi-jadi-pimpinan-ponpes-al-zaytun?page=all

https://www.antaranews.com/berita/3669726/hoaks-mahfud-md-resmi-jadi-pimpinan-ponpes-al-zaytun-pada-awal-agustus

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *