Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Memijat Kaki Bisa Sembuhkan Sakit Gigi

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha 

Klaim memijat kaki dapat sembuhkan gigi adalah tidak benar. Dokter Andreas Wilson Setiawan, M.Kes, menyatakan kalau letak titik akupresurnya kurang tepat. Lebih lanjut, akupresur juga tidak bisa mengobati kondisi yang menjadi penyebab sakit gigi sepenuhnya.

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/B1c79 (arsip)

===========

[NARASI]: “Sakit gigi sembuh hanya dalam hitungan menit”

===========

[PENJELASAN]: 

Baru-baru ini, di media sosial Facebook, beredar sebuah unggahan terkait teknik menyembuhkan sakit gigi dalam hitungan menit. Narator dalam video menjelaskan bahwa apabila sakit gigi terjadi di bagian atas, maka titik refleksinya di bawah kuku jempol. Sementara saat sakit gigi di bagian bawah, maka titik refleksinya di bagian tengah ibu jari.

Lebih lanjut, menurut klaim unggahan, memijat bagian tertentu kaki ini bisa dilakukan dengan menggunakan minyak zaitun secukupnya, kemudian dioleskan ke titik refleksi. Durasi memijatnya sekira 10 menit. Narator juga menunjukkan, selain titik yang disebutkan, penderita sakit gigi bisa mencoba menekan bagian samping jempol dengan pena selama 10 menit.

Faktanya, klaim yang beredar tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari Tirto, Dokter Andreas Wilson Setiawan, M.Kes menjelaskan bahwa dilihat dari teknik yang ditunjukkan dalam video, pengobatan tersebut termasuk teknik akupresur. Hal ini berdasar pada prinsip Traditional Chinese Medicine. Namun, letak titik akupresurnya kurang tepat karena titik untuk mengurangi rasa nyeri pada gigi yaitu titik ST44/meridian perut/titik neiting. Titik ini harusnya terletak di antara jari telunjuk dan jari tengah kaki. Fungsi titik ini secara umum yakni untuk mengatasi rasa nyeri pada gigi, sakit tenggorokan, dan nyeri lambung. 

Namun, dr. Wilson menyampaikan teknik pengobatan akupresur ini  tidak bisa menyembuhkan sakit gigi secara cepat dan perlu pengulangan untuk mengurangi nyerinya. Akupresur juga tidak bisa mengobati kondisi yang menjadi penyebab sakit gigi sepenuhnya. Penderita sakit gigi yang disertai dengan sakit kepala parah atau demam tinggi sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

Berdasarkan dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim memijat kaki dapat sembuhkan gigi adalah tidak benar. Dokter Andreas Wilson Setiawan, M.Kes, menyatakan kalau letak titik akupresurnya kurang tepat. Lebih lanjut, akupresur juga tidak bisa mengobati kondisi yang menjadi penyebab sakit gigi sepenuhnya. Penderita sakit gigi yang disertai dengan sakit kepala parah atau demam tinggi sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

===========

 [REFERENSI] :

https://tirto.id/benarkah-memijat-bagian-kaki-ini-bisa-sembuhkan-sakit-gigi-gZDE

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *