Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Pelaku Pembunuhan Vina adalah Jenderal Bintang 3, Presiden dan Kapolri Tetapkan 4 Polisi sebagai Tersangka

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Tidak ditemukan sumber dari media berita kredibel yang membenarkan bahwa Kapolri dan Presiden menetapkan 4 polisi sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan Vina. Video yang menampilkan Kapolri tersebut adalah saat dirinya mengumumkan tersangka pembunuhan Brigadir J. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://arsip.cekfakta.com/archive/1719214531.447681/index.html

= = =

Narasi:

“Terbongkar Pel4ku Vina&Eki Jendral Berpangkat Bintang 3, Presiden dan J.Sigit Tetapkan 4 Polisi”

“TERBONGK4R PEMBUNUH VINA & EJI JENDRAL BERPANGKAT BINTANG 3! PRESIDEN DAN J SIGIT TETAPKAN 4 POLISI”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari Kompas.

Sebuah postingan di Facebook membagikan informasi yang menyebut bahwa pembunuh Vina dan kekasihnya, Eki merupakan polisi berpangkat bintang 3. Disebutkan juga bahwa Presiden dan Kapolri menetapkan 4 orang polisi sebagai tersangka.

Namun setelah ditelusuri klaim tersebut tidak mendasar, tidak ditemukan sumber dari media berita kredibel yang membenarkan informasi tersebut.

Dilansir dari Kompas.com, bahwa video yang menunjukkan Kapolri adalah momen pada saat dirinya mengumumkan Ferdy Sambo menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan Brigadir J. Video tersebut mirip dengan yang pernah diunggah melalui kanal YouTube Kompas TV pada 9 Agustus 2022.

Dengan demikian, tersangka kasus pembunuhan Vina merupakan polisi berpangkat bintang 3 adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/06/21/162200982/-hoaks-presiden-dan-kapolri-tetapkan-4-polisi-tersangka-kasus

= = =

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *